Begini Akibatnya Jika Mesin Mobil Dicuci Steam

Begini Akibatnya Jika Mesin Mobil Dicuci Steam
Ilustrasi poles mesin mobil - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Mencuci mesin mobil dengan cara disemprot kerap dilakukan oleh para pemilik mobil. Padahal, cara ini justeru berdampak negatif terhadap sistem komputer mobil, bahkan berbahaya.

Seperti diungkapkan Chief Marketing Glory 21 – spesialis auto detailing di Jalan Achmad Yani, Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur,  – Christofel, mencuci mobil dengan semprot berkekuatan tinggi berpotensi menyebabkan kabel-kabel penting terutama yag terkoneksi sistem komputer mobil goyah.

“Jika ini terjadi, maka sistem komputer atau ECU (Electronic Control Unit) tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga, fungsi-fungsi fitur penting dari mobil juga tidak berjalan sebagaimana mestinya,” papar dia saat ditemui Motoris, Selasa (9/7/2019)

Chris pun menyebut contoh, mobil milik pelanggan perusahaannya yang mengalami musibah seperti itu. Mobil sport serbaguna (SUV) medium besutan pabrikan Jepang.

Chief Marketing Glory 21, spesialis auto detailing, Christofel – dok.Motoris

“Tadinya, mobil ini lama tidak dipakai. Banyak debu di mesin, lalu pemiliknya minta dicuci, nah sama tempat cucian disemprot atas permintaan orang yang bawa mobil ke tempat itu,” kata pria ramah itu.

Sebagai solusi jika mesin mobil Chris menyarankan utuk memolesnya. Dengan poles, pembersihan bagian-bagian yang kotor dilakukan dengan cara-cara terukur dan menggunakan alat-alat yang tidak merusak.

“Poles menggunakan cairan pembersihan yang terekomendasi. Artinya tidak berbahaya, caranya pun menggunakan metode-metode khusus poles. Sehingga aman,” saran dia.

Menurutnya, pemolesan mesin harus dilakukan secara rutin. Setidaknya tiga tahun sekali. Pasalnya, bagian bawah mesin merupakan area terbuka yang saban mobil digunakan atau berjalan banyak kotoran yang masuk ke ruang mesin.

“Kalau debu-debu itu menempel di bagian yang terkena cairan, khususnya berminyak lama-lama bisa menjadi kerak,” imbuh Chris. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS