Catat, Ini Kesalahan Fatal Penggunaan Lap Microfiber

Catat, Ini Kesalahan Fatal Penggunaan Lap Microfiber
Ilustrasi, mengelap mobil dengan menggunakan kain microfiber - dok.Carwash

Jakarta, Motoris – Merawat mobil agar tetap prima – termasuk tampilan kemilau catnya – memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri adalah dengan menjaga warna bodi mobil kesayangan agar tak mudah kusam.

Tapi walau bisa dilakukan sendiri, ternyata masih banyak pemilik mobil yang salah dalam menerapkannya. Contoh sederhana seperti memilih jenis kain yang akan digunakan untuk membersihkan permukaan bodi.

Tren penggunaan kain jenis microfiber memang saat ini berkembang pesat. Selain memang diperuntukan untuk bodi karena memiliki permukaan serat yang halus, juga mempu menyerap air. Secara harga pun tidak terlalu mahal alias masih terjangkau.

Namun menurut Business Director PT Laris Chandra Stanley Tjhie, pemilik mobil masih banyak yang melakukan kebiasaan buruk ketika menggunakannya. Nah, kebiasaan ini bila didiamkan lama-lama justru akan merusak permukaan cat mobil.

Ilustrasi, mengelap kaca mobil dengan kain microfiber – dok.Thinkstock

“Kain microfiber memang memiliki material paling halus dan lembut jadi selain kelebihan tadi efeknya juga meminimalisir adanya goresan halus yang biasa terjadi dengan lap biasa. Tapi sayangnya, kebiasaan pemilik mobil banyak yang salah saat menerapkan, mereka menggunakan satu kain untuk mengelap semuanya, itu salah,” ujarnya kepada Motoris, di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Stanley menganjurkan baiknya pemilik mobil menyediakan lebih dari satu kain microfiber. Kain tersebut harus dikanalisasi penggunaannya, mana yang untuk bodi, mana yang interior, serta mana yang untuk kaca.

Bila satu kain digunakan untuk semua, yang ada kotoran akan menumpuk pada permukaan kain tersebut. Parahnya lagi, saat digunakan untuk membersihkan kaca atau bodi, justru akan meninggalkan baret halus akibat debu atau kotoran tersebut. Ini merupakan kesalahan fatal dalam penggunaan kain microfiber yang tak disadari oleh masyarakat.

Mencuci mobil dengan menggunakan kain microfiber – dok.Freepik

“Ini yang sering salah, jadi untuk bodi, interior, dan kaca itu harusnya terpisah, jangan satu kain untuk semua. Bila hanya satu, dikhawatirkan ketika habis digunakan untuk interior lalu di pakai lap kaca atau bodi ada debut yang tertinggal di lap bisa meyebabkan baret halus,” jelas dia. (Sql)

CATEGORIES
TAGS
Share This