Periksa 4 Bagian Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Periksa 4 Bagian Mobil Sebelum Perjalanan Jauh
Ilustrasi, mengemudi mobil menempuh perjalanan jauh - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Saat ini barangkali menjadi waktu yang sibuk bagi orang tua yang buah hatinya akan memasuki dunia kampus. Kesibukan itu akan semakin “ribet” tatkala sang anak diterima berkuliah di kota yang berbeda dengan domisili orang tua.

Langkah terakhir dari proses ini tentu saja mengantarkan sang anak ke kota tempatnya berkuliah nanti. Banyaknya barang-barang dan perintilan yang harus dibawa untuk keperluan sang anak di perantauan, menjadikan mobil sebagai salah satu alternatf transportasi yang paling memadai.

Sebelum memutuskan menggeber mobil untuk mengantar anak kuliah, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut agar tidak ada masalah di perjalanan.

1. Periksa filter udara mobil
Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan Anda memeriksa bagian yang satu ini. Tidak sedikit masalah terjadi pada mobil akibat filter udara atau saringan udara yang tersumbat.

Ilustrasi, filter udara pembersih udara kabin mobil temuan Hyundai – dok.Hyundai

Filter udara berfungsi mencegah kotoran dan partikel masuk ke bagian mesin. Tersumbatnya filter udara dapat mempengaruhi kinerja mesin yang membutuhkan udara selama terjadinya pembakaran.

Jangan abaikan permasalahan tersebut. Untuk pencegahan, gantilah filter udara mobil setiap 12 bulan atau setelah mobil menempuh perjalanan sejauh 20.000 kilometer.

2. Periksa tekanan ban
Ban merupakan salah satu komponen terpenting mobil yang akan mempengaruhi keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan. Perihal tekanan ban tidak boleh diabaikan, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh.

Tekanan ban, keseimbangan roda, serta putaran ban akan sangat berpengaruh terhadap kenyamaan berkendara. Pemeriksaan secara rutin terhadap tekanan ban tentu akan menghemat waktu dan uang.

Pemeriksaan terhadap tekanan ban itu bisa dilakukan sendiri. Namun, jika tidak terbiasa, Anda bisa membuat jadwal rutin pemeriksaan ini ke bengkel langganan.

Ilustrasi pengecekan tekanan angin ban – dok.Thought.co

3. Pemeriksaan rem
Saat hendak melakukan perjalanan jauh, terlebih mau mengantar sang buah hati ke bangku perkuliahan, tentunya Anda berharap tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, bukan?

Kondisi rem pun menjadi salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan untuk diperiksa. Yang harus diperhatikan adalah rem yang gagal berfungsi dengan baik bisa disebabkan antara lain oleh rotor, bantalan rem, minyak rem, dan pedal rem.

Lakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen tersebut. Segera lakukan penggantian atau perbaikan terhadap komponen-komponen yang sudah tidak laik.

Ilustrasi, rem tromol di mobil – dok.PistonHeads

4. Membawa perkakas 
Selalu membawa satu set perkakas atau peralatan dasar otomotif saat berkendara adalah pilihan yang sangat bijak. Sebab, menunda memperbaiki kerusakan kecil dapat menyebabkan kerusakan menjadi lebih besar pada mobil Anda.

Keberadaan perkakas tersebut tentu saja membuat Anda siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi di jalanan. Karena itu, pastikan perkakas ini ada di mobil sebelum Anda melakukan perjalanan jauh.

Ilustrasi, megemudi – dok.Istimewa

Empat tips tadi juga sangat ampuh diterapkan sebelum Anda menggunakan mobil pribadi untuk menjangkau tempat-tempat yang jauh lainnya. Seperti untuk liburan atau mudik lebaran. Semoga selamat sampai tujuan ya.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This