Ini Alasan Kenapa Merotasi Ban Mobil Sangat Penting

Ini Alasan Kenapa Merotasi Ban Mobil Sangat Penting
Ilustrasi ban mobil - dok.Motoris

Jakarta, Motoris– Merotasi posisi ban mobil merupakan hal yang penting dilakukan demi kenyamanan berkendara. Walaupun kadang dianggap sepele, namun merotasi ban ternyata memberikan banyak manfaat pada mobil.

Singkatnya, merotasi ban adalah kegiatan atau langkah menukar posisi ban mobil satu sama lain. Rotasi ban yang dilakukan secara teratur bakal membuat umur ban lebih panjang.

Mengapa Harus Merotasi Ban?
Ban mobil bagian depan merupakan ban yang memiliki beban kerja yang ekstra, terlebih pada mobil dengan penggerak roda depan. Selain itu, saat dilakukan pengereman, ban depan akan memberikan respons yang lebih cepat. Tentu saja hal itu demi keamanan berkendara.

Ilustrasi, ban mobil produksi PT Brdgestone Indonesia – dok.Motoris

Beban tugas yang harus diemban tersebut membuat ban bagian depan lebih cepat mengalami aus dibanding ban belakang. Bila dibiarkan berlarut-larut, hal itu bukan tidak mungkin bakal mengancam keamanan berkendara. Setidaknya, dari sisi keuangan, tentu akan lebih boros karena harus mengganti ban yang sudah aus.

Karena itu, melakukan rotasi ban secara berkala akan membuat ban aus secara merata. Dari segi tampilan, rotasi berkala memungkinkan keempat ban memiliki bentuk tapak yang hampir sama.

Bagaimana Melakukan Rotasi Ban?
Ada beberapa cara yang dianjurkan dalam melakukan rotasi ban. Hal ini bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau kondisi ban mobil. Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan.

Pertama, menukar posisi di bagian yang sama. Cara ini bisa diterapkan dengan mengganti atau menukar posisi ban kiri dengan ban kanan, tetapi di bagian yang sama. Jadi, ban kiri depan ditukar dengan ban kanan depan. Begitupun dengan ban di bagian belakang.

Mekanisme rotasi posisi ban – dok.Rapid Repair

Kedua, menukar posisi ban bagian depan dengan belakang. Pada cara ini, ban mobil kiri bagian depan ditukar dengan ban kiri juga tapi di bagian belakang. Hal yang sama juga diterapkan pada ban di posisi kanan.

Ketiga, menukar ban dengan cara menyilang. Cara yang ketiga ini menganjurkan agar ban kiri bagian depan ditukar dengan ban belakang bagian kanan. Sebaliknya, ban depan bagian kanan ditukar dengan ban belakang bagian kiri.

Kapan Waktu yang Tepat 
Rotasi posisi ban mobil bisa dilakukan dengan melihat kondisi tapak ban. Namun, tanpa mengesampingkan hal tersebut, rotasi ban mobil dianjurkan dilakukan setiap enam bulan sekali atau saat mobil sudah menempuh jarak 7.500 mil.

Ilustrasi balancing ban – dok.darellscarcarellc

Kendati demikian, beberapa produsen mobil memberikan anjuran perihal waktu yang tepat untuk melakukan rotasi ban mobil. Misalnya, Toyota, Volkswagen, dan Ford menganjurkan agar rotasi ban dilakukan setelah mobil menempuh jarak 10.000 mil.

Adapun BMW merekomendasi agar rotasi ban dilakukan setelah mobil menempuh jarak hingga 15.000 mil. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This