Mobil Bau Karet Terbakar? Yuk, Kenali Penyebab dan Solusinya

Mobil Bau Karet Terbakar? Yuk, Kenali Penyebab dan Solusinya
Ilustrasi, pemeriksaan mobil oleh mekanik bengkel- dok. Motoris

Jakarta, Motoris – Pernah mengendus bau karet terbakar saat tengah asik mengendarai mobil? Kehadiran bau tersebut tidak hanya menandakan ada masalah pada mobil, tetapi yang pasti hal itu memberikan efek yang tidak nyaman bagi para penumpang.

Jangan abaikan kondisi tersebut. Segera cari sumber bau. Perbaiki jika itu memungkinkan untuk dilakukan. Jika semakin parah, carilah bengkel terdekat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang terpenting dari kondisi itu adalah jangan panik. Kenali dulu penyebab bau karet terbakar tersebut. Caranya? Yuk, intip di sini, sekaligus cara mengatasinya.

1. Oli yang Bocor
Bau karet terbakar pada mobil bisa disebabkan oleh adanya oli motor yang bocor. Ketika terjadi kebocoran dan oli mengenai knalpot, hal itu akan menimbulkan bau seperti karet yang terbakar.

Bukan sekadar bau sangit, kondisi tersebut perlu menjadi perhatian. Sebab, oli yang menempel pada knalpot mobil yang menyala bisa memicu kebakaran mobil.

Ilustrasi penggantian oli mesin mobil di Suzuki Day – dok.Istimewa

Solusi:Berhentikan mobil dan matikan mesin. Bila perlu dongkrak mobil agar bisa lebih leluasa melihat sumber bocor dari bagian bawah mobil. Jika terasa sulit, panggillah mekanik atau datang ke bengkel terdekat.

2. Kantong Plastik Nyangkut di Knalpot
Seorang pengemudi tidak melulu tahu dengan pasti kondisi jalanan yang dilibas. Bisa jadi, ketika tengah asyik berkendara, secara tidak sadar kita melewati tumpukan sampah plastik.

Sampah plastik atau kantong plastik belanjaan yang tersangkut di knalpot lama-kelamaan akan meleleh dan terbakar. Alhasil, kondisi tersebut akan menimbulkan bau karet terbakar, yang tentunya membuat tidak nyaman penumpang mobil.

Solusi: Buanglah kantong plastik yang ikut terbawa di bagian bawah mobil. Saat mengemudi, hindari kontak langsung dengan sampah-sampah atau kantong plastik yang ada di jalanan. Plastik yang terjerat di bagian bawah mobil pun berpotensi menimbulkan kerusakan jangka panjang pada mobil.

3. Masalah Kelistrikan
Adanya masalah kelistrikan pada mobil juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau karet terbakar pada mobil. Bau yang dihasilkan akibat korsleting listrik pada mobil akan meresap melalui saluran AC.Alhasil, penumpang yang berada di dalam mobil akan menghirup bau sangit yang sangat tidak nyaman.

Ilustrasi pengecekan kondisi aki – dok.Istimewa

Solusi: Periksa secara kondisi tautan kabel di mobil. Jika menemukan sekring putus, segera lakukan penggantian dengan perangkat yang tepat.

4. Kompresor AC yang Panas
Kondisi AC juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau karet terbakar hingga ke dalam kabin. Kurangnya tingkat refrigerant dan kurangnya pelumasan bisa mengakibatkan kompresor AC menjadi panas.

Jika sudah begitu, tidak tertutup kemungkinan timbulnya bau sangit layaknya bau karet yang terbakar yang menyusup ke dalam kabin mobil.

Solusi:Lakukan pemeriksaan rutin terhadap AC. Jika tengah melakukan service rutin, mintalah mekanik untuk mengecek AC. Bila perlu tambahkan refrigerant sesuai dengan kebutuhan.

Ilustrasi semburan udara dari AC tak dingin – dok.blog.firestonecompleteautocare.com

5. Kebocoran dari Gasket atau Seal
Meski terdengar sepele, kebocoran oli pada gasket atau seal bisa menjadi salah satu faktor yang menimbulkan bau karet terbakar pada mobil.

Solusi: Jika sudah telanjur bocor, lakukan penggantian gasket atau seal sesegera mungkin. Jangan biarkan masalah ini berlarut-larut yang bisa menimbulkan masalah yang lebih berat.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This