Empat Rahasia Membeli Mobil Baru dengan Harga Terbaik

Empat Rahasia Membeli Mobil Baru dengan Harga Terbaik
Ilustrasi, kredit mobil - dok.Kengarff.com

Jakarta, Motoris – Meski pemerintah tengah gencar-gencarnya mengampanyekan pemakaian transportasi publik, hasrat untuk memiliki mobil pribadi kadang sulit juga dielakkan. Terlebih bagi keluarga yang memiliki anak kecil, perjalanan dengan mobil sendiri tentu lebih nyaman dibanding naik angkutan umum.

Permasalahannya adalah membeli mobil bukanlah perkara mudah. Meski punya banyak duit sekalipun, setiap orang tentu ingin membeli mobil dengan harga terbaik.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan harga terbaik saat membeli mobil? Dielaborasi dari CNBC Make It, berikut beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk dilakukan.

1. Cari tahu dan pahami keinginanmu
Sebelum melangkahkan kaki ke diler untuk membeli mobil baru, kamu sudah harus mengetahui jenis mobil apa yang kamu ingin miliki. Tentukan apa prioritasmu dalam memilih mobil.

Apakah kamu butuh mobil yang hemat bahan bakar? Atau mobil dengan kabin yang luas dan bisa muat banyak anggota keluarga? Atau mobil dengan fitur dan teknologi teranyar?

Ilustrasi, seorang tengah melihat dengan teliti sebuah mobil VW – dok.Motoris

Tentu ada konsekuensi harga dari setiap pilihanmu. Meski begitu, setidaknya dengan mengetahui keinginanmu, budget yang sudah kamu siapkan tidak akan membengkak begitu sampai di diler.

Jika datang ke diler sebelum tahu apa yang kamu pengin, bisa saja tenaga penjual atau sales diler mengarahkan kamu untuk membeli mobil yang sebenarnya bukan sesuai dengan kebutuhan.

2. Riset harga pasaran
Setelah menentukan mobil apa yang kamu mau dan sesuai dengan budget, kini saatnya melakukan riset atau survei terhadap harga mobil tersebut di pasaran.

Tanyakan kepada orang-orang di sekitarmu atau kepada kerabat yang menggunakan mobil yang sama mengenai berapa harga yang harus mereka bayarkan untuk mendapatkan mobil tersebut.

Jika malu bertanya, kamu bisa melakukan riset harga pasaran mobil melalui internet. Tidak sedikit informasi mengenai harga mobil di internet. Harga yang kamu dapatkan bisa dijadikan perbandingan saat pihak diler menawarkan harga mobil yang kamu incar.

Ilustrasi, pameran mobil – dok.Motoris

Pengetahuan kamu akan harga mobil tersebut tentu bisa menjadi “senjata” saat bernegosiasi dengan pihak diler untuk mendapatkan harga terbaik.

3. Jangan terpaku pada satu diler
Mencari info terkait harga pasaran dari mobil yang diincar saja tidak cukup. Kamu juga perlu melakukan riset terhadap diler mana saja yang menjadi rekomendasi untuk membeli mobil.

Begitu menemukan diler yang dirasa cocok, jangan pula hanya terpaku pada satu diler tersebut. Setidaknya datangi atau tanyakan tiga diler. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk mobil yang kamu incar.

Jangan tergesa-gesa untuk segera memutuskan. Pertimbangkan dengan matang dan jangan lupa untuk melakukan test drive terhadap mobil yang kamu idamkan.

4. Dua momentum harga terbaik
Peluang untuk mendapatkan mobil dengan harga terbaik biasanya hanya muncul dua kali dalam satu tahun.
Pertama, adalah saat digelarnya pameran otomotif akbar tahunan. Di Indonesia, dua pameran otomotif terbesarnya apalagi kalau bukan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS).

Mengapa demikian? Karena selama pameran berlangsung, biasanya pabrikan otomotif peserta pameran memasang target angka penjualan tertentu. Untuk bisa mencapai target, mereka menyiapkan berbagai macam promo sampai potongan harga untuk berebut pembeli dengan peserta lainnya.

Ilustrasi booth Toyota di GIIAS 2018 – dok.Motoris.id

Kedua, akhir tahun. Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap diler harus membeli putus unit mobil dari pabrikan untuk dipajang di showroom mereka masing-masing. Biaya untuk menambah stok mobil siap jual tersebut, biasanya didukung oleh pinjaman dari bank atau leasing.

Nah, kenapa membeli mobil di diler lebih menguntungkan jika dilakukan di akhir tahun? Sebab jika sampai tahun berganti stok mobil tersebut tidak terjual semua, maka pihak diler harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar bunga pinjaman tahun berikutnya ke bank atau leasing.

Tidak heran jika kemudian di akhir tahun, banyak diler yang melakukan strategi ‘banting harga’ dan bersedia hanya mengantongi margin setipis mungkin, asalkan stok mobilnya terjual semua.

Jadi tidak ada salahnya bersabar sedikit dalam membeli mobil demi mendapatkan momen mendapatkan harga terbaik.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This