Tiga Hal Ini Bikin Toyota Prius Makin Irit BBM

Tiga Hal Ini Bikin Toyota Prius Makin Irit BBM
Toyota Prius model 2019 - dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Berbicara soal mobil dengan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) yang hemat, barangkali tidak sedikit yang merujuk pada Toyota Prius. Yap, mobil besutan pabrikan asal Jepang ini pernah dinobatkan sebagai mobil irit bahan bakar yang paling laris di dunia.

Pengendara yang sudah lama menunggangi Toyota Prius bakal sangat peka terhadap penghematan konsumsi BBM mobil yang satu ini. Kendati demikian, bukan berarti pengendara baru Toyota Prius tidak bisa merasakan hal yang sama.

Terlepas dari rancang bangun mesin yang memang hemat BBM, sedotan bensin Toyota Prius juga masih bisa ditingkatkan lho. Penasaran? Simak ulasan berikut!

Bersihkan MAF
MAF atau Mass Air Flow sensor bekerja dengan mendeteksi volume udara saat memasuki mesin dengan memanaskan kawat tipis atau resistor. Teknologi di Toyota Prius akan mengukur hambatan listrik melalui MAF.

Intinya, sensor MAF mengukur kadar udara yang masuk ke mesin atau ruang bakar. Kemudian komputer pada mobil akan menggunakan data itu untuk menambah atau mengurangi bahan bakar dari mesin.

Interior Toyota Prius 2019 – dok.Istimewa

Di sinilah letak fungsi krusial MAF. Sensor MAF yang kotor tentu akan menghasilkan pembacaan yang salah. Alhasil, mesin akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar atau tidak sebagaimana mestinya.

Karena itu, bersihkan MAF sensor secara berkala. Bahkan tidak perlu ke bengkel, kamu bisa membersihkan sendiri MAF sensor tersebut dengan mengikuti tutorial yang banyak dibagikan pecinta Toyota Prius lainnya di Youtube.

Gunakan ban yang tepat
Tidak dapat dimungkiri bahwa pemilihan ban yang digunakan dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dari mobil, tak terkecuali bagi Toyota Prius. Pemilihan ban yang tepat dapat semakin meningkatkan efisien penghematan bahan bakar pada Toyota Prius.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, gunakanlah ban yang miliki Low Rolling Resistance (LRR) atau hambatan gulir yang rendah. Setelah itu, sesuai tekanan ban mobil dengan kondisi jalanan yang akan dijajal.

Tekanan ban saat berkendara pada musim hujan atau jalanan yang basah tentu berbeda dengan saat berkendara pada jalanan kering atau musim kemarau.

Toyota Prius 2019, tampilan samping – dok.Istimewa

Service rutin
Pemeliharaan atau service rutin bukan hanya sesuatu yang baik untuk dilakukan terhadap mobil, tetapi juga sebuah keharusan demi tetap menjaga performa kendaraan. Toyota Prius barangkali bukan tergolong mobil yang butuh banyak perhatian. Namun, pemeliharaan rutin tentu membuat Prius tetap dapat dikendarai dalam kondisi baik.

Service rutin dapat mendeteksi hal-hal yang berpotensi menjadi masalah besar. Selain sebagai bentuk antisipasi akan hal tersebut, pemeliharaan rutin yang dilakukan bakal membuat Toyota Prius semakin efisien dalam mengonsumsi bahan bakar. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This