Tips Ampuh Jaga Aroma Kabin Mobil Tetap Wangi

Tips Ampuh Jaga Aroma Kabin Mobil Tetap Wangi
Ilustrasi kabin mobil - dok.New Atlas

Jakarta, Motoris – Berada di kabin mobil dengan aroma yang kurang sedap tentu bisa membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Terlebih lagi, jika semua kursi terisi penuh penumpang. Aroma kabin yang kurang sedap itu akan semakin membuat tersiksa penumpang tatkala melakukan perjalanan jauh.

Tapi tenang, aroma tidak sedap yang muncul di dalam kabin mobil tersebut bukan tidak bisa dihindari atau diantisipasi. Banyak hal yang bisa dilakukan guna menjaga aroma kabin mobil tetap wangi.

Penasaran apa saja? Yuk, simak tips berikut agar perjalanan dengan mobil tetap nyaman dengan kabin yang wangi!

1. Bersihkan ventilasi udara
Ventilasi udara di mobil bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau yang tidak sedap di kabin mobil. Sebab, sebagai tempat lalu-lalang udara, lama-kelamaan di bagian ini akan terjadi penumpukan kotoran serta kuman. Kondisi itulah yang berperan dalam menghasilkan bau tidak sedap di kabin.

Agar hal tersebut tidak terjadi, bersihkan ventilasi udara mobil secara rutin. Tidak perlu ke bengkel. Bagian ini bisa dibersihkan sendiri. Cukup gunakan kuas dengan bulu yang lembut atau dengan spons pencuci piring.

Dengan dua alat sederhana tersebut, bersihkan semua ventilasi yang terdapat di mobil. Jangan lupa juga untuk memeriksa filter udara. Ganti filter udara tersebut jika dirasa sudah tidak layak pakai.

Ilustrasi – dok.yrevista.dgt.es

2. Manfaatkan biji kopi
Biji kopi dikenal memiliki aroma kuat yang mampu menghalau bau tidak sedap. Karena itu, biji kopi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat kabin mobil tetap wangi sehingga perjalanan tetap nyaman.

Masukkan biji kopi ke wadah penyimpanan kecil, seperti kaus kaki atau kantong kertas. Biji kopi tersebut bisa disimpan di bawah jok atau bisa juga digantung di kaca spion bagian dalam. Agar kinerjanya maksimal, lakukan penggantian biji kopi secara berkala sehingga aroma kabin mobil terjaga dan terhindar dari bau yang tidak sedap.

Tak hanya berbentuk biji, kopi bubuk pun bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau tidak sedap. Hanya, wadah penyimpanannya harus diperhatikan agar tidak tumpah.

Ilustrasi biji kopi yang telah kering – dok.premium global supply

3. Gunakan essential oils
Selain memanfaatkan biji kopi, essential oils atau minyak atsiri juga diyakini mampu membuat aroma kabin mobil tetap wangi. Caranya pun mudah. Dengan memanfaatkan diffuser portabel, beberapa tetes minyak atsiri akan menyebarkan aroma yang wangi di kabin mobil.

Selain diffuser, minyak atsiri juga bisa diteteskan di bola kapas, lalu gantungkan kapas tersebut di ventilasi sehingga aroma wangi dari minyak atsiri dapat menyebar di kabin mobil seiring dengan masuknya udara.

4. Bersihkan karpet mobil
Bagian karpet mobil tidak boleh dilupakan menjadi salah satu penyumbang bau tidak sedap di kabin mobil. Sebagai bagian yang paling sering diinjak, bukan tidak mungkin kotoran yang menempel pada alas kaki berpindah dan menumpuk di karpet mobil. Alhasil, kotoran yang menumpuk itu pun lama-kelamaan menghasilkan aroma yang tidak sedap.

Tidak peduli karpet mobil yang digunakan berbahan beludru, sintetis, ataupun karet, bagian ini harus dibersihkan secara berkala. Lepaskan karpet dari mobil, kemudian cuci atau bersihkan dari kotoran yang menempel. Gantungkan karpet hingga kering setelah dibersihkan, sebelumnya akhirnya kembali dipasang.

Ilustrasi -dok.Carscoops

5. Buka sirkulasi udara
Meskipun terdapat ventilasi, hal itu dirasa kurang untuk memberikan sirkulasi udara yang cukup untuk kabin mobil. Solusinya, bukalah jendela atau pintu mobil sehingga udara bisa mengalir atau beredar lebih banyak dan leluasa di kabin.

Hal itu bisa dilakukan di saat-saat tertentu, seperti ketika sedang beristirahat sejenak di pinggir jalan, ketika berada di rumah, atau ketika di jalanan dengan udara yang sejuk. Dengan begitu, diharapkan aroma di kabin mobil tetap wangi dan perjalanan pun dapat dilakukan dengan nyaman. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This