Tips Merawat Mobil Toyota Klasik

Tips Merawat Mobil Toyota Klasik
Toyota Corolla DX dari berbagai generasi ikutan ajang, classic for the young generation, oleh PPMKI - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski deretan mobil terbaru sudah hadir dengan beragam model, jenis, dan fitur, mobil klasik tetap memiliki tempat tersendiri bagi pecintanya. Kesukaan terhadap mobil klasik bisa saja didasari oleh faktor penampilan atau nilai histori yang telah dijalani sang pemilik dengan mobil tersebut.

Kendati demikian, kesukaan akan mobil klasik harus diikuti dengan kedisiplinan dalam hal melakukan perawatan terhadap mobil jadul tersebut. Perlakuan yang tepat terhadap mobil klasik tentu dapat membuat kinerja mobil tua tetap baik.

Toyota merupakan salah satu merek mobil klasik yang cukup diminati, apapun jenisnya. Dalam hal perawatan Toyota klasik, tentu tidak bisa dilakukan asal-asalan. Dikutip dari WBTV, Toyota N Charlotte membagikan tips perawatan yang harus dilakukan untuk penggemar Toyota klasik.
Penasaran? Berikut langkahnya

1. Periksa Rem
Mengingat mobil yang dimiliki tidak lagi muda, wajar bila ditemukan adanya suku cadang yang tidak lagi dalam kondisi prima. Begitupun pada Toyota klasik.

Rem menjadi salah satu bagian penting ketika berbicara soal kendaraan. Rem yang kurang mendapat perhatian bisa membahayakan di jalanan, terlebih mobil klasik. Karena itu, lakukan perawatan secara rutin terhadap Toyota klasik. Setidaknya, periksa atau ganti minyak rem sebulan sekali.

Perawatan bagian ini pun bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa perlu membawa mobil ke bengkel. Hanya, jika tidak yakin, kamu bisa mencari bengkel yang terpercaya untuk melakukan itu.

2. Ganti Oli
Apapun kendaraanmu, penggantian oil merupakan suatu hal yang tidak boleh alpa untuk dilakukan, terlebih terhadap mobil klasik. Meski mobil Toyota klasik dipakai tidak sesering mobil harian atau lebih sering berdiam di garasi, bukan berarti olinya tidak perlu diganti.

Komunitas penggemar Toyota Corolla DX – dok.Motoris

Lakukan penggantian oli secara rutin. Jika patokan jarak tempuh yang ditetapkan pabrikan Toyota tidak tercapai, lakukan penggantian oli setidaknya setiap 6 (enam) bulan sekali. Penggantian oli secara rutin ini bakal mampu membuat mesin mobil tetap dingin.

3. Cuci dan Waxing
Tampilan fisik dari mobil klasik bisa menjadi salah satu daya tarik bagi para penggemarnya. Oleh karena itu, jaga bagian ini dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan bodi maupun interior mobil.

Mencuci mobil merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga bagian bodi. Tidak berhenti sampai di situ, agar mobil klasikmu tetap kinclong, berikan wax pada bodi agar cat mobil terjaga dari paparan langsung sinar matahari yang bisa membuat warna mobil menjadi kusam.

Selain bagian eksterior, pembersihan bagian interior pun tidak boleh luput dari perhatian. Bersihkan bagian ini dengan lebih detail. Sebab, di kabin mobil terdapat celah-celah yang berpotensi jadi tempat menumpuknya kotoran yang bisa berdampak buruk lama-kelamaan. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS