Cara Cegah Cat Mobil Kusam Karena Sengatan Matahari

Cara Cegah Cat Mobil Kusam Karena Sengatan Matahari
Ilustrasi, Honda Accord CM5 model 2014 menjadi mobil paling mengkilap di IMX 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Indonesia yang memiliki iklim tropis mendapatkan paparan sinar matahari hampir sepanjang tahun dengan intensitas yang sedang hingga sangat tinggi. Paparan sinar ini tentu memiliki dampak yang tidak bagus bagi cat mobil.

Paparan sinar ultraviolet dalam intensitas tinggi, lama kelamaan akan menyebabkan oksidasi pada warna cat mobil. Akibatnya, kepekatan warna cat bisa memudar atau kusam dan membuat usia mobil kamu nampak lebih tua.
Apa yang harus dilakukan untuk melindungi warna cat mobil dari ancaman sinar matahari? Kulik beberapa informasi dari Carbibles.com ini:

1. Sering-sering cuci mobil
Mobil yang sering dicuci mereduksi suhu panas pada permukaannya sehingga menghambat proses oksidasi. Namun, pastikan saat mencuci mobil telah terparkir di tempat yang terlindungi dari sinar matahari.

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah menyemprot semua debu dan kotoran lain yang menempel dengan air. Kemudian gunakan shampo khusus mobil untuk membersihkan keseluruhan permukaan kendaraan. Jangan gunakan sabun detergen karena terlalu keras dan panas sehingga berbahaya bagi cat mobil. Terakhir bilas dengan air bersih sampai seluruh busa shampo mobil hilang.

Ilustrasi mencuci mobil – reviewonline.co.za

Apabila mobil tersebut digunakan untuk beraktivitas sehari-hari atau lebih sering terparkir di area terbuka, cuci setidaknya satu sampai dua kali dalam seminggu. Kalau tidak sempat atau malas, masukkan saja mobil ke tempat cuci mobil langganan.

2. Keringkan total setelah dicuci
Setelah membilas mobil dengan air bersih, pastikan seluruh permukaan body mobil di lap hingga benar-benar kering untuk memastikan tidak ada lagi sisa busa shampo kimia yang menempel.
Sebab sisa bahan kimia yang menempel di permukaan mobil, justru bisa merusak warna cat mobil dengan lebih sadis jika berkolaborasi dengan terik matahari.

3. Poles mobil
Poles, waxing, nano coating atau apapun namanya sehingga permukaan dan warna cat mobil kamu tampak lebih kinclong dan terlindungi. Lapisan polesan di permukaan mobil melindungi cat dari polutan di jalanan plus radiasi sinar matahari.

Disarankan agar mobil sesekali dalam periode tertentu di-wax atau dipoles untuk menjaga kilau cat dari serangan jamur – dok.Motoris

Pilihlah jenis perlindungan tambahan bagi cat mobil sesuai dengan kemampuan. Jasa paket termurah untuk memoles sekaligus waxing seluruh interior dan eksterior mobil bisa diperoleh dengan tarif Rp850.000. Sementara paket nano coating termurah mulai dari Rp3 jutaan per mobil.

4. Cover mobil
Salah satu cara mudah untuk melindungi cat mobil dari sinar matahari adalah menutupinya dengan cover mobil. Ada banyak pilihan cover mobil yang bisa dibeli di toko online, mulai dari Rp250 ribu yang berbahan tipis sampai jutaan rupiah yang bahannya berlapis dan anti air.

Namun sebelum menggunakan cover mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:
– Jangan gunakan cover saat mobil dalam kondisi basah untuk menghindari munculnya jamur dan bakteri lainnya.
– Untuk mobil putih, pastikan bahan cover mobil yang kamu beli berkualitas baik dan tidak luntur. Periksa testimoni pembeli terdahulu di toko online sebelum memutuskan membeli produk tersebut. Lebih baik membeli cover yang sedikit lebih mahal, daripada menyesal melihat mobil putih berubah warna akibat cover berkualitas rendah.

Ilustrasi, perawatan mobil- dok. coversuper.com

– Jangan biarkan mobil tertutup cover lebih dari seminggu, karena interior mobil akan menjadi lembab. Lepaskan cover sesekali untuk memanaskan mesin mobil.

5. Pasang kanopi
Jika kebetulan tidak ada ruang garasi yang memadai, jangan pelit untuk memasang kanopi di rumah untuk melindungi mobil kesayangan dari sengatan sinar matahari. Ingat, paparan sinar matahari langsung bisa ‘membakar’ permukaan cat dan perlahan akan membuat kusam warna mobil.

CATEGORIES
TAGS
Share This