Ini Alasan Lampu Motor Wajib Nyala di Siang Hari

Ini Alasan Lampu Motor Wajib Nyala di Siang Hari
Ilustrasi, berkendara di siang hari - dok.The Drive

Jakarta, Motoris – Pembahasan lampu utama sepeda motor wajib menyala pada waktu siang hari, kembali ramai diperbincangkan setelah salah seorang mahasiswa tidak terima ditilang. Polisi menindak karena lampu motor pelanggar lalu lintas itu tidak menyala.

Tahukah Anda, bahwa aturan itu sudah lama berlaku di Indonesia dan sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Pasal 107 Ayat (2) menjelaskan, pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lamu utama pada siang hari.

“Menyalakan lampu motor di siang hari bisa menekan angka kecelakaan yang terjadi di siang hari,” tutur Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar di Jakarta belum lama ini.

Selanjutnya, Pasal 293 Ayat (2) UU menjelaskan, setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Ilustrasi, lampu sepeda motor – dok.Istimewa

Menurut Fahri, aturan ini sudah mulai diberlakukan di Indonesia sejak tahun 2010 silam atau satu tahun setelah undang-undang tersebut diundangkan.

“Jadi demi keamanan dan keselamatan pemilik motor itu sendiri ketika berkendara di siang hari,” tandas Fahri. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This