6 Benda Ini Bisa Bikin Cat Mobil Cepat Rontok

6 Benda Ini Bisa Bikin Cat Mobil Cepat Rontok
Ilustrasi perawatan cat mobil - dok.Allison Peter

Jakarta, Motoris – Punya mobil yang kinclong dengan cat mobil yang menawan adalah dambaan setiap pemilik kendaraan. Untuk mewujudkan itu, pemiliknya wajib melakukan perawatan secara berkala untuk eksterior roda empat kesayangan, baik yang dilakukan sendiri atau dibawa ke bengkel.

Namun, bagi yang gemar melakukan perawatan mobil di rumah, seperti membersihkan jamur di kaca mobil, mengganti minyak rem, dan mengganti oli merupakan pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian khusus.

Namun perlu diingat,oli atau minyak rem bisa merusak cat mobil. Pasalnya, cairan tersebut mengandung bahan kimia yang sangat kuat, bahkan bisa menyebabkan risiko kebakaran.

Ada sejumlah hal yang dapat meningkatkan kerusakan pada cat mobil. Dirangkum Motoris dari berbagai sumber, daftar benda-benda ini perlu dihindari bila kerusakan itu tak ingin terjadi:
1. Bensin
Dinilai mampu memberikan identitas, pemilik kendaraan sering menempelkan stiker di kaca maupun bodi mobil. Tak hanya itu, stiker yang dipasang juga bisa menjadi ajang promosi produk, beragam tulisan dan gambar. Namun, stiker tersebut tidak bisa bertahan lama, pemilik biasanya akan mencabut stiker apabila dinilai sudah tak berguna atau ingin menggantinya dengan motif yang baru.

Ilustrasi bensin – dok.Wisegeek

Meski demikian, mencabut stiker yang sudah tertempel di kaca maupun bodi mobil bukan perkara mudah. Bekas lem dan bercak sering kali tertinggal dan menjadikan tampilanmobil tak lagi sempurna. Cara mudahnya semprot air sabun dan dikelupas pakai cutter secara perlahan. Jangan gunakan bensin, jika sisa lem dari stiker membekas makapemilik harus membersihkannya dengan menggunakan minyak tanah ataupun minyak kayu putih.

2. Oli Mesin
Saat mengisi oli mesin, harap dilakukan dengan hati-hati.Beberapa mobil posisi lubang pengisian oli mesin berdekatan dengan busi. Apabila tetesan oli mesin mengenai busi, maka bisa merusak sistem pengapian. Akibatnya, mobil bisa sulit dinyalakan atau tersendat. Begitu juga pada bodi mobil, karena bisa meninggalkan noda permanen yang sulitdihilangkan.

3. Minyak Rem
Ketika menggunakan minyak rem, sebaiknya lebih berhati-hati karena fluida ini punyapotensi tinggi untuk merusak cat mobil. Bila terkena cairan ini, cat bisa mengelupas bahkan hingga timbul karat atau korosi. Nah,ketika terkena cairan ini, segera siram air bersih dan lap hingga bekasnya hilang.

Ilustrasi, minyak pelumas – dok.Istimewa

4. Air Aki
Bagi pemilik kendaraan yang menggunakan aki basah, memang memiliki risiko tersendiri. Pasalnya, penggunaan aki jenis ini mengharuskan penambahan air aki secara manual. Oleharena itu, hati-hati dengan konsentrat asam yang tinggi pada cairan elektrolitaki ini, karena cairan tersebut bisa menyebabkan korosi saat terkena logam.

5. Deterjen
Hilangkan kebiasaan mencuci mobil dengan deterjen untuk membersihkan bodi. Kandungankimia yang terdapat pada deterjen bisa merusak lapisan pelindung cat,memudarkan warna cat, dan membentuk noda.Cara MudahMerawat Mobil Kelir Putih Putihmenjadi warna favorit konsumen Tanah Air saat ini.

Ilustrasi aki mobil – dok.technician academy

6. Paparan Langsung Sinar Matahari
Selain rajin membersihkan, mobil berwarnaputih juga sebaiknya jangan terlalu sering terparkir di bawah sinar matahari.Apabila sering terkena sinar ultraviolet (UV), cat akan lebih cepat pudar dankusam.Apabila harus parkir di bawah sinar matahari,pemilik sebaiknya menutup kendaraan menggunakan penutup atau memiliki areateduh dan rindang. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This