Cara Mudah Siapkan Mobil Sebelum Beraktifitas di New Normal

Cara Mudah Siapkan Mobil Sebelum Beraktifitas di New Normal
Ilustrasi, mengemudi mobil di jalan Sudirman Jakarta - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Setelah sekian waktu hanya diparkir di rumah seiring dengan imbauan #DiRumahAja terkait upaya mencegah penyebaran wabah virus corona yang juga mendera Indonesia, kini mobil kemungkinan bakal digunakan lagi saat new normal. Agar mobil benar-benar siap dan tidak mengalami masalah ketika diajak kembali beraktifitas, perlu dilakukan penyiapan.

Untuk memastikan kondisi mobil sebelum digunakan, Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya memberikan sejumlah tips cara mudah untuk memastikan kondisi mobil. “Menjalani new normal yang butuh mobilitas kembali, AutoFamily harus memastikan mobil yang lama tidak dipakai dalam kondisi yang prima,” papar dia dalam keterangan resmi, belum lama ini.

Menurut Ricky ada sejumlah bagian yang diperiksa dan dipastikan kesiapan kondisinya:

 

1.Tekanan angin ban hingga air aki

Ricky menyarankan langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek tekanan angina ban, termasuk kondisi ban cadangan atau ban serep. “Pastikan pula tidak ada penghalang di kolong mobil yang bisa mengganggu seperti ganjal ban, tetesan oli, atau bahkan binatang seperti kucing yang tidur. Termasuk potensi binatang di kolong spatbor dan ruang mesin lantaran mobil tidak pernah dijalankan,” pesan dia.

Setelah itu, periksa kondisi oli mesin dengan mengecek volumenya melalui indikator di dipstick Begitu pula dengan kelayakan oli. Jika warnanya telah berubah seperti kopi susu, sebaiknya segera diganti.

Tekanan angin ban mobil yang kurang dari ukuran yang direkomendasikan pabrikan, bukan hanya menjadikan mobil boros BBM tetapi juga berbahaya bagi keselamatan berkendara – dok.Motoris

Bagian lain yang juga perlu dicek adalah, radiator dengan memastikan kondisi airnya, washer wiper, minyak rem, hingga air aki. Pastikan kecukupan cairan tersebut dan tidak ada kebocoran yang bisa menimbulkan masalah.

Periksa kondisi terminal aki, sambungan dan jalur kabel karena ada risiko digigit tikus saat dibiarkan di dalam garasi. Pastikan pula kekencangan fan belt untuk menjamin semua dapat beroperasi dengan baik saat dipakai.

2.Kelistrikan dan mesin

Bagian lain yang juga harus diperiksa dan dipastikan kondisinya dalam keadaan baik adalah sistem kelistrikan. Sistem ini sangat vital bukan saja untuk mengaktifkan mobil, tetapi juga fitur-fitur penunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Untuk mengeceknya, bisa dilakukan dengan menyalakan klakson, lampu-lampu. Dan masih berkaitan dengan sistem ini, periksa pula sejumlah indikator.

Kemudian, pastikan fungsi audio, AC, tombol power window, hingga wiper. Bagian-bagian ii memang terlihat sepele, namuan sangat penting untuk kenyamanan berkendara.

Ilustrasi kisi-kisi AC Mobil – dok.Istimewa

Perlu dipastikan pula kondisi mesin. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan menyalakan mesin mobil dan biarkan beberapa saat, agar oli mesin bersirkulasi dengan baik yang ditandai oleh putaran mesin lebih stabil. Perhatikan seksama, apakah ada suara aneh timbul? Jika ada, segera periksa sumbernya.

2. Kembali pastikan mesin dan pengereman

Sebelum mobil dibawa ke jalanan sebaiknya kembali memastikan kondisi mesin. Jika terdeteksi suara mesin yang aneh seperti tersendat-sendat atau putaran mesin tidak stabil ketika idle, maka segera periksakan ke bengkel.

Sebelum menjalankan mobil itu pula, sebaiknya dilakukan pengecekan sistem transmisi. Caranya, masukkan gigi ke D untuk transmisi otomatis atau gigi 1 untuk transmisi manual. Kemudian rasakan apakah ada masalah saat proses mobil dijalankan.

Ilustrasi, rem tromol di mobil – dok.PistonHeads

Sedangkan, untuk mengetes kondisi sistem pegereman, maju mobil secara perlahan dan injak rem sedikit untuk memastikannya bekerja dengan baik. Setelah yakin aman, baru ajak mobil berjalan keliling lingkungan rumah sembari memperhatikan bila ada gejala masalah.

Jalankan mobil dalam kecepatan normal, dan pastikan seluruh perangkat bekerja dengan baik, seperti rem dan setir. Periksa indikator bahan bakar dan segera isi ke SPBU kalau kurang dari setengah untuk mengurangi risiko tangki bensin terkontaminasi oleh uap air.

4.Protokol kesehatan 

Terkait dengan penerapan AKB atau new normal yang kabarnya segera berlaku sebaiknya juga mempersipakan diri. AutoFamily yang mengendarai mobil sebaiknya mempersiapkan dan memakai masker.
Begitu pun dengan penumpang. Pastikan pula jumlah penumpang yang hanya diizinkan 50% dari kapasitas normal, serta formasi duduknya.

Ilustrasi perjalanan dengan mobil – dok.Motoris

Siapkan masker di laci dasbor sebagai cadangan dan hand sanitizer di panel pintu untuk dipakai membersihkan tangan saat masuk dan keluar mobil. Sediakan produk interior cleaner dan exterior cleaner untuk membersihkan bagian mobil yang sering dipegang seperti hendel pintu, tutup tangki bensin, dan area kokpit seperti setir, tuas transmisi, dan rem parkir.

5.  Manfaatkan layanan home service

Jika tidak ingin repot atau kesulitan menjalankan prosedur pengecekan di atas, bisa memanfaatkan jasa home servis yang disediakan diler. Salah satunya, Auto2000 yang menyediakan layanan THS – Auto2000 Home Service. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This