Karat di Mobil Bisa Berakibat Fatal, Ini Cara Mudah untuk Menangkal

Karat di Mobil Bisa Berakibat Fatal, Ini Cara Mudah untuk Menangkal
Karat yang telah parah di bagian bawah mobil - dok.Samarins

Jakarta, Motoris – Biang karat yang sewaktu-waktu bisa menjalar di bagian-bagian mobil mirip dengan sel kanker pada tubuh manusia, sulit didteksi penyebaran awalnya dan bila meluas sulit untuk diperbaiki. Oleh karena, mencegah munculnya karat merupakan langkah bijak untuk menghindari berbagai kerugian yang diakibatkan.

Menurut Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, karat merupakan hasil korosi yakni oksidasi suatu logam yang memiliki sifat merusak. Dan besi atau logam yang telah berkarat akan rapuh atau mudah larut bercampur dengan logam lain.

“Bahkan karat cepat menyebar. Dan jika mengenai sasis maka akan membuat kekuatan sasis menurun, Serangan karat sulit untuk dideteksi dan berubah menjadi masalah besar bila tidak segera ditangani,” ujar Ricky, dalam keterangan tertulis yang dirilis di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Ilustrasi, awal mula munculnya karat di bagian bodi mobil – dok.Motoris

Oleh karena itu, Ricky mewanti-wanti bagi pemilik mobil yang tinggal di daerah perkotaan jangan asal saat mencuci kendaraannya. Sebaiknya datang ke tempat cuci mobil dan pastikan petugas membersihkan seluruh area mobil. Khususnya bagian kolong yang paling rawan karat.

Jika harus mencuci sendiri, sebaiknya menghindari mencuci di bawah terik matahari atau di bawah pohon. Gunakan alat yang sesuai dan jangan menggunakan air tanah yang kurang layak.

Setelah mencuci, pastikan seluruh bagian mobil kering dengan sempurna. Kemudian lakukan pemeriksaan bodi mobil dari potensi karat. Tanda-tanda potensi itu adalah munculnya noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok.

Untuk mencegah terjadinya karat, lakukan perbaikan bodi mobil meski hanya terbaret. Sebab, luka seperti itu merupakan pintu masuk terjadinya karat. Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia saat ini memiliki 22 fasilitas Body & Paint (BP) yang memberikan kemudahan perbaikan bodi kendaraan.

Ilustrasi, mencuci mobil. Padtikan bagian-bagian mobil terutama bagian kolong tercuci dengan baik untuk menghindarkan karat- dok.Motoris

Sejatinya mobil baru sudah memakai lapisan antikarat. Namun seiring waktu lapisan tersebut terkikis. Terlebih di sejumlah titik dari mobil juga biasanya belum ada lapisan antikarat.

Sebaiknya memberi lapisan antikarat ke mobil setiap satu tahun sekali. Anti karat yang digunakan terbuat dari material bitumen untuk mencegah timbulnya karat dan meredam suara kendaraan. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This