Ingin Mobil Bermesin Diesel Awet? Ini Tips Perawatannya

Ingin Mobil Bermesin Diesel Awet? Ini Tips Perawatannya
Ilustrasi, mesin diesel 1GD terbaru Toyota Prado - dok.Istimewa via Fleet Auto News

Jakarta, Motoris – Mobil bermesin diesel merupakan salah satu varian dari banyaknya varian kendaraan bermotor roda empat yang ada di dunia. Namun, karena kekhasan kateristiknya, mobil bermesin dengan bahan bakar minyak diesel alias solar ini juga memerlukan perhatian tersendiri dalam perawatannya.

Berbagai sumber literatur yang dikutip Motoris, Senin (14/12/2020), diketahui mesin diesel pertama kali ditemukan oleh Rudolf Diesel pada tahun 1893 (dan dipatenkan pada23 Februari 1893), Mesin ini mulai digunakan sebagai sumber tenaga peggerak kendaraan penumpang pada tahun 1900, setelah mendapatkan penyempurnaan oleh Charles F Kettering.

“Proses pembakaran internal di mesin ini memiliki karakter khusus, dimana gas bersuhu tinggi dikompresi oleh piston yang merapat menjadi letupan untuk menghasilkan tenaga,” bunyi keterangan di sejumlah literatur.

Sementara itu, tips perawatan mesin diesel dari Auto2000 yang dirilis di Jakarta, Minggu (13/12/2020) menyebut ada dua kunci utama yang wajib diperhatikan saat merawat mesin diesel modern. Pertama, kondisi oli mesin.

Toyota New Fortuner, salah satu SUV Toyota yang memiliki varian bermesin diesel- dok.Istimewa

“Beban kerja mesin diesel terbilang ekstrem karena rasio kompresi yang tinggi dan kehadiran turbo menghasilkan suhu dan tekanan yang sangat tinggi di dalam ruang mesin. Oleh karena itu, mesin diesel butuh oli yang pas sesuai rekomendasi,” bunyi keterangan itu.

Kedua, bahan bakar yang digunakan juga harus berkaulitas tinggi. Sebab, jika BBM berkualitas rendah maka aplikasi sistem common rail yang menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dengan injektor bertekanan ekstra tinggi yang dikontrol secara elektronik bisa rusak.

BBM yang yang disarankan adalah jenis yang memiliki kandungan sulfur rendah dan kadar cetane tinggi. BBM dengan kualitas seperti itu disebut membuat mesin dapat bekerja optimal dan minim gangguan.

Langkah perawatan lain yang harus dilakukan adalah rutin membersihkan filter bahan bakar. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan kotoran tidak akan lolos masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar. Jika sudah kotor sebaiknya diganti dengan filter diesel yang baru.

Toyota Kijang New Innova Venturer facelift – dok.Istimewa

Pemeriksaan juga harus dilakukan terhadap filter udara yang berfungsi menyaring udara yang akan dimasukkan ke ruang bakar. Udara yang bersih bisa membuat performa mesin terjaga dan penggunaan bahan bakar lebih efisien, plus mereduksi timbulnya kerak di komponen bergerak. Dan sebaliknya.

Kemudian kuras water sedimeter juga air telah penuh. Sebab perangkat itu berfungsi menangkap kandungan air pada saluran air agar tidak ikut mengalir ke sistem bahan bakar dan mengganggu kinerja mesin.

Jika semua langkah telah dilakukan, sebaiknya memanaskan mesin mobil secara rutin dengan jangka waktu dua menit. Pemanasan perlu dilakukan agar pelumas bergerak merata melumasi seluruh komponen mesin.

Toyota New Hilux – dok.TAM

“Biarkan mesin tetap menyala atau idle selama satu menit, lalu matikan mesin sehingga ada kesempatan untuk mendinginkan komponen mesin yang bekerja pada kondisi ekstrem, terutama turbo,” saran Auto2000. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This