Ini Cara Tepat Mencegah Mobil Berkarat

Ilustrasi, proses perawatan mobil – dok.Auto2000


Jakarta, Motoris – Karat atau korosi di bagian-bagian mobil bisa terjadi di semua jenis maupun kelas mobil, artinya mobil dari kelas entry level hingga mewah pun bisa mengalami karat atau korosi tersebut. Sementara itu, munculnya karat bisa terjadi kapan saja tanpa diduga.

Oleh karena itu perlu dipahami penyebab dan cara pencegahannya agar karat tak muncul dan menyebabkan bagian-bagian mobil rusak yang berujung pemilik harus merogoh kocek untuk memperbaikinya.

“Karat bisa muncul karena kondii alam sekitar. Pertama karena air dengan kandungan garam yang tinggi seperti di daerah yang berdekatan laut,” tutur mekanik senior di bengkel Bandar Pelumas, Cipondoh, Kota Tangerang, Abdul Mukhlis, saat ditemui Motoris, Kamis (18/2/2021).

Karat yang telah parah di bagian bawah mobil – dok.Samarins

Selain itu, karat juga terjadi karena guyuran air hujan pada mobil yang dibiarkan hingga terus menerus sampai mengering karena tak segera dicuci. Pasalnya, pada air hujan tingkat keasmannya tinggi. Terlebih jika air hujan tersebut bercampur dengan material kotoran di jalan dan hingga di bagian-bagian mobil.

Ketiga, luka di bagian mobil karena berbagai sebab dan dibiarkan. Luka tersebut menjadi tempat bersemayam kotoran-kotoran dari jalanan yang kemudian bereaksi secara kimiawi dengan unsur air di udara yang lembab.

Sementara, untuk mencegah karat – yang dikarenakan berbagai faktor tersebut – Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, menyarankan agar pemilik mobil menjaga kebersihan mobil seoptimal mungkin. Terlebih, di tengah kondisi cuaca tidak menentu seperti sekarang ini.

Ilustrasi, awal mula munculnya karat di bagian bodi mobil – dok.Motoris

“Mencuci mobil sesering mungkin untuk memastikan sisa air hujan dan kotoran tidak menempel sangat dianjurkan,” kata dia dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Kamis (1822021).

Selain itu, pastikan mobil kering sempurna dan tidak lembab, terutama area kolong, celah dan sambungan di mobil. Sebab, bagian-bagian tersebut merupakan bagian paling rawan karat.

Dia juga mewanti-wanti agar jika ada bagian mobil yang terkikis lapisan cat atau anti karatnya untuk segera perbaiki. Termasuk untuk mobil yang pernah terlibat kecelakaan sehingga bodi baret atau penyok, segera diperbaiki dan jangan menunggu terlalu lama.

Ilustrasi, mencuci mobil. Padtikan bagian-bagian mobil terutama bagian kolong tercuci dengan baik untuk menghindarkan karat- dok.Motoris

Terlebih lapisan anti karat akan menipis seiring waktu “Jangan pernah remehkan karat karena begitu terdeteksi butuh tindakan segera agar tidak menjalar dan merusak bodi mobil. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan bodi mobil di bengkel,” imbuh Imansyah. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This