Ingat, Ini Cara Upgrade Ukuran Velg Mobil yang Benar dan Aman

Produk velg aftermarket HSR yang telah digunakan untuk sebuah mobil – dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Tak sedikit pemilik mobil yang mendandani kendaraannya agar lebih keren dan gagah dengan menambah (upgrade) ukuran pelek yang dipakaikan ke mobil. Cara modifikasi ringan seperti ini sah dan boleh-boleh saja, toh bagian kaki-kaki mobil memang bagian pertama yang menjadi tatapan mata bagi orang yang melihatnya.

“Velg merupakan komponen yang mempengaruhi tampilan mobil dari sisi luar, tampilan mobil akan menjadi lebih keren dan ganteng apabila menggunakan velg aftermarket. Terutama velg yang berkualitas dan dengan model desain yang ciamik tentunya,” kata Marketing Director HSR Wheel, Hendra Wijaya dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Hanya, lanjut Hendra, untuk mengubah velg – dengan ukuran yang lebih besar – tak bisa dilakukan sembarangan tanpa mempertimbangkan batas tolrenasi demi keamanan berkendara. Bahkan, secara jelas, Community Manager HSR, Aldhy Rais menyebut ada batas yang sudah ditentukan yang mempertimbangkan aspek keindahan dan keamanan.

Mobil yang menggunakan velg dengan ukuran lebih besar dari standar pabrikan, produksi HSR – dok.Motoris

“Batas maksimal upgrade velg mobil dari ukuran standar maksimal dua inci. Jadi, misalkan ukuran standar velg mobil 14 inci, maka ukuran velg mobil tersebut bisa diupgrade hingga 16 inci. Ini dilakukan agar diameter roda mobil tetap sama, dan tidak mentok,” ujar Aldhy.

Berkaitan dengan tren masyarakat yang ingin mendadani mobil – dengan mengganti velg mobil – yang terus meluas di kalangan masyarakat, HSR memberikan dukungan dengan menyediakan serangkaian produk yang bisa menjadi alternatif pilihan. Termasuk bagi 29 mobil yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) saat ini.

Seperti diketahui, ada 29 mobil yang berhak mendapatkan relaksasi pajak berupa diskon tarif PPnBM sepanjang tahun 2021 ini, yang persyaratan dan ketentuannya berdasar Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31 Tahun 2021. Sedangkan berdasar penetapan melalui eputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 839 Tahun 2021 mobil yang berhak mendapatkan fasilitas ini beragam, mulai dari sedan, hatchback, hingga SUV baik 4×2 maupun 4×4.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander, salah satu mobil yang berhak mendaoatkan diskon tarif PPnBM sepanjang tahun 2021 ini – dok.MMKSI

Mereka terdiri dari bobil 1.500 cc ke bawah yang berhak mendapatkan diskon PPnBM adalah: Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Daihatsu Grand Max, Daihatsu Luxio Daihatsu Terios, dan Toyota Rush. Kemudian Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Mitsubishi Xpander, dan Mitsubishi Xpander Cross.

Lalu, Nissan Livina, Honda Brio RS, Honda BR-V, Honda City Hatchback. Lantas, ada Suzuki Ertiga, Suzuki X7, dan Wuling Confero.

Kemudian mobil 1.501cc – 2.500cc, terdiri dari Toyota Innova 2.0, Toyota Innova 2.4, Toyota Fortuner 2.4 berpenggerak 4×2 dan Toyota Fortuner 2.4 (4×4).

Toyota New Fortuner, juga berhak atas diskon tarif PPnBM yang ditetapkan oleh pemerintah – dok.Istimewa

Selain itu ada, empat varian mobil Honda. Mereka adalah Honda C-RV 1.5 turbo, Honda CR-V 2.0 CVT, Honda HR-V 1.5L, dan Honda HR-V 1.8L. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This