Begini Cara Mudah dan Tepat Mengecek Kondisi Fluida Mobil

Cek kondisi oli mesin berkala merupakan salah satu cara mudah merawat kondisi mesin-dok.Daihatsu


Jakarta, Motoris – Salah satu unsur penting di mobil adalah fluida, yakni segala jenis zat yang dapat mengalir dalam wujud gas maupun cair mulai dari oli, air radiator, minyak rem, minyak power steering, hingga air washer. Namun, pemilik pemilik kerap alpa – karena berbagai alasan mulai dari tidak tahu, lupa, hingga tidak sempat- memperhatikannya.

Padahal, seperti diungkapkan Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi, padahal keberadaan itu sangat menunjang keamanan hingga kenyamanan berkendara. Sementara, lanjut dia, cara umengecek fluida itu sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja untuk mengecek fluida pada mobil agar berkendara jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

“Kami berharap, melalui sharing tips ini dapat membantu mengingatkan Sahabat untuk bisa melakukan pengecekan mandiri secara berkala, demi menjaga kondisi kendaraan Sahabat dalam kondisi yang optimal,” papar dia dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Sabtu (10/4/2021).

Ilustrasi, oli mesin mobil – dok.Istimewa

Berikut tips yang berikan Bambang:
Pertama-tama, pastikan kendaraan Sahabat diparkirkan di lokasi yang aman dan di berkontu tanah atau lantai yang rata. Lalu, buka kap mesin depan kendaraan dengan menarik knob pembebas kunci kap mesin. Selanjutnya lakukan pengecekan fluida pada ruang mesin.

-Oli mesin: Hidupkan mesin beberapa saat hingga mencapai temperatur kerja, matikan mesin, tunggu beberapa saat agar oli mengalir kembali ke bagian bawah mesin. Ambil kain lap bersih, tarik dipstick oli mesin bersihkan dengan kain, masukan kembali dipstick sepenuhnya dan tarik, cek volume oli, ada 3 level oli mesin, yakni, Rendah, Normal, Berlebih. Pastikan oli mesin pada posisi normal, apabila rendah tambahkan oli mesin jenis yang sama.

Ilustrasi mengisi minyak atau fluida rem-dok.YourMechanic

-Oli Rem: Cari posisi master Cylinder rem, di sana terdapat reservoir untuk oli rem, periksa ketinggaian levelnya, apabila antara min dan max maka cukup, apabila posisi di min atau dibawahnya, tambahkan dengan oli rem yang sama sampai mencapai level max.Air Radiator: Periksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant dengan tipe yang sama.

-Air Wiper: Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper. Apabila kurang tambahkan dengan air yang bersih.

Ilustrasi mengecek minyak atau fluida power steering-mobil-dok.Istimewa via Gold Eagle Co

Air Aki: Air aki juga tidak kalah pentingnya, apabila tidak dilakukan pengecekan dan terlambat dalam menambahkan maka aki akan rusak. Pastikan level air aki pada posisi Upperdan Lower, apabila pada posisi Lower maka tambahkan air aki hingga mencapai level Upper.

Power Steering (tipe hydraulic): Hidupkan mesin, setelah mesin pada suhu kerja, buka tutup reservoir kemudian periksa volume oli power steering, pastikan ada di batasan upper dan lower, apabila kurang dari batas bawah tambahkan oli power steering. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This