Balap Formula 1 Enggak Seksi Lagi

Kompilasi Grid Girl pada F1

Grid Girl pada ajang balap Formula 1, GP Rusia. (www.thisisf1.com)

Colorado, Motoris – Pemilik baru ajang balapan jet darat Formula 1, American Liberty Media Corporation, mengambil keputusan untuk menghapus tradisi wanita cantik dan seksi berlabel grid girl mulai musim 2018. Setelah mobil balap F1 kehilangan suara khas mesin V8 atau V10 yang diganti hybrid, kini salah satu elemen pendukung balapan lainnya ditiadakan.

“Formula 1 akan mengakhiri praktik lama, menggunakan grid girl, dimulai dari Kejuaraan Dunia FIA Formula 1 musim 2018. Perubahan ini juga berlaku untuk seri motorsports kami yang berlangsung selama akhir pekan Grand Prix,” tulis pihak F1, dalam pernyataan resminya, dikutip Crash.net, Kamis (1/2/2018).

Keputusan yang diumumkan F1 ini bukan yang pertama kalinya di dunia olahraga dan tidak jadi yang terakhir. Isu skandal seksual yang membahayakan nama-nama besar pada ajang ini, membuat para pemilik ajang olahraga memilih bermain aman.

Sean Bratches, Managing Director, Commercial Operations F1, mengatakan, setelah melakukan evaluasi sepanjang 2017, memang perlu ada sentuhan pembaruan, demi menciptakan fokus utama pada balapan F1. Hadirnya para grid girl memang sudah lazim dan tradisi Gran Prix F1, dalam puluhan tahun terakhir.

Baca juga: Livia Cevolini, Dijuluki Elon Musk Wanita dari Italia

Grid Girl pada balap Formula 1, GP Korea Selatan. (www.dpccars.com)

“Kami rasa pembaruan ini tidak mencerminkan pada nilai-nilai kami sekaligus dengan norma sosial warga modern. Kami juga tidak percaya praktik ini layak atau relevan dengan F1 dan penggemarnya, baik yang lama atau generasi baru di dunia,” kata Sean Bratches, Managing Director Commercial Operations F1.

Kecewa

Di sisi lain, mantan pemilik sekaligus CEO F1, Bernie Ecclestone, yang menyatakan keputusan ini bertolak belakang dengan paket hiburan yang ditawarkan ajang balapan dunia ini. Ecclestone mengatakan, kalau para wanita cantik yang mewarnai olahraga balap F1, adalah bagian dari pertunjukan dan keberadaannya tidak menyinggung siapapun.

“Wanita ini adalah bagian dari pertunjukan. Fans F1 menyukai glamor. Negara saat ini sedikit sopan dan halus. Anda harus diizinkan memiliki grid girl karena driver menyukai mereka, penonton menyukai mereka dan tidak ada yang peduli,” kata Ecclestone kepada The Sun mengutip Crash.Net, Jumat (2/1/2018).

Balapan Formula 1 pertama tanpa grid girl di bawah skema baru, akan berlangsung pada 25 Maret 2018 di Melbourne, Australia. Apakah masih tetap menarik? (sna)

Superleague Formula Promotional girls in front of the Liverpool FC show car. (sport.one)

CATEGORIES
TAGS
Share This