Tiap Tahun, Toyota Dkk Setor Duit Gede ke Perusahaan Ini

Tiap Tahun, Toyota Dkk Setor Duit Gede ke Perusahaan Ini
Ilustrasi, mobil yang akan diekspor di terminal pelabuhan yang dikelola PT IKT - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Ekspor mobil utuh (completely buil up/CBU) tumbuh lebih cepat dibandingkan pasar mobil domestik sekaligus jumlah produksi. Walhasil, perusahaan yang terkait aktivitas ini untung besar.

Hal itu dialami oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IKT), operator pelabuhan mobil (car port) di Tanjung Priok Jakarta. Tiap tahun, Toyota, yang mengontribusi sekitar 80% ekspor mobil utuh dan kawan-kawan menyetor duit ratusan miliar ke perusahaan itu.

Rata-rata pertumbuhan tahunan (compound annual growth rate/CAGR) pendapatan emiten berkode saham IPCC itu mencapai 34,2%. Pada 2015, pendapatan IKT mencapai Rp 247 miliar, lalu 2016 Rp 314 miliar, dan 2017 Rp 422 miliar. Semester I-2018, pendapatan anak usaha PT Pelindo II ini melesat 28% menjadi Rp 250 miliar, dari periode sama tahun lalu Rp 196 miliar.

“IKT adalah satu-satunya terminal kargo otomotif, alat berat, dan suku cadang, sehingga semua pabrikan mobil harus menggunakan jasa IKT untuk mengapalkan produk ke luar Jawa dan negeri,” tulis Artha Sekuritas dalam laporan riset belum lama ini.

Baca juga: Impor Mobil CBU akan Diperketat, Ada yang Kecewa

Ilustrasi Logo Toyota – dok.Breakinoutfestival

Sebagai imbas dari monopoli alamiah ini, IKT berhasil meraup margin laba kotor sangat besar, sebesar 49,5%, sedangkan margin laba bersh 30% pada 2017. Semester I-2018 lebih gila lagi, di mana margin laba bersih mencapai 38%, naik dari tahun lalu 30,6%.

Dalam tujuh tahun terakhir, CAGR volume ekspor yang ditangani IKT (throughput) mencapai 13,4%, hingga mencapai 228.566 unit pada 2017. Ini seiring tingginya CAGR ekspor mobil pada 2011-2017 sebesar 13,5%, melampaui CAGR produksi 6,4%.

“Perseroan percaya, throughput tahun depan bisa naik 59%, seiring langkah perusahaan terafilasi, PT Pelabuhan Tanjung Priok, mentransfer pengiriman mobil ke perseroan,” tulis Artha Sekuritas. (Gbr)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia dan TWITTER @MotorisID, buat update grafis otomotif terkini lainnya. “Keren, SUV Buatan Vietnam Nampang di Paris Motor Show.”

CATEGORIES
TAGS
Share This