Rencana Tambah Waktu Pembatasan Truk di Tol Diurungkan

Rencana Tambah Waktu Pembatasan Truk di Tol Diurungkan
Ilustrasi, truk pengangkut barang di jalan tol - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Kementerian Perhubungan dan operator jalan tol disebut urung memperpanjang waktu pembatasan operasional angkutan barang menjadi jam 05.00 – 10.00 dari sebelumnya 06.00 – 09.00 WIB. Keputusan ini diambil setelah ada keberatan dari pengusaha angkutan barang yang disertai dengan bukti-bukti dan alasan logis.

Awalnya, wacana tersebut digelindingkan sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan karena ada pengerjaan proyek infrastruktur, termasuk tol Jakarta-Cikampek II Elevated, light rail transit (LRT).

“Kemarin memang rencananya memang mau ada perpanjangan waktu (pembatasan operasional) waktu mejadi 05.00 – 10.00 WIB, tetapi kami tidak bisa menerima. Akhirnya pemerintah memutuskan tetap di (waktu pembatasan semula, yakni) 06.00 – 09.00 WIB sesuai kesepakatan awal,” tutur Ketua Bidang Distribusi dan Logistik Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman, kepada Motoris, di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Ilustrasi angkutan truk – dok.Istimewa

Pernyataan pria yang juga CEO perusahaan jasa angkutan dan losgistik Lookman Djaja Group ini seiring dengan pernyataan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Organisasi Angkutan Darat (Organda) Ateng Haryono yang menyebut pemerintah tidak perlu menerapkan pembatasan angkutan barang. Karena, kebijakan tersebut akan menyebabkan tingkat pemanfaatan truk atau utilisasi truk menurun.

Sebagai dampaknya, tak hanya para pengusaha yang merugi karena kehilangan potensi penapatan tetapi juga pengguna jasa truk karena distribusi barang terganggu. Sementara, kata Ateng, pihaknya juga tidak menginginkan terjadinya praktik pengangkutan barang oleh truk yang melebihi dimensi dan kapasitasnya atau over dimensi dan overload (ODOL).

“Termasuk di jalur tol. Namun angkutan barang jangan dijadikan variabel utama penyumbang kemacetan di jalur Jakarta-Cikampek,” kata Ateng dalam pernyataan tertulis, Senin (27/11.2018). (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This