Gandeng Cina, Indonesia Bikin Baterai Listrik

Gandeng Cina, Indonesia Bikin Baterai Listrik
Ilustrasi baterai motor listrik di mobil - dok.Stanford University

Shenzen, Motoris – Produsen baterai Cina GEM Co Ltd, Jumat (23/11/2018) mengumumkan, tengah bekerja sama dengan empat perusahaan lain, menggelontorkan investasi US$ 700 juta untuk memproduksi baterai motor listrik dari bahan nikel di Indonesia. Gabungan perusahaan ini, bekerjasama dengan kamar dagang Jepang Hanwa dan perusahaan lokal Bintang Delapan Group.

Seperti dilaporkan laman Reuters dan CNBC, Jumat (30/11/2018), gabungan perusahaan global itu meyakini melimpahnya cadangan nikel yang berada di Morowali, Sulawesi Tengah, Indonesia. Mereka berharap dengan mengolah bahan kimia itu akan sanggup memenuhi kebutuhan baterai untuk kendaraan listrik dunia.

Perusahaan yang bergabung dengan GEM itu antara lain perusahaan pembuat baterai lithium di Cina, Contemporary Amperex Technology Ltd (CATL) dan pembuat baja stainless, Tsingshan Holding Group.

Rincian porsi saham mereka adalah Hong Kong Tsingshan 21%, GEM Jingmen 36%, Brunp – anak perusahaan CATL – 25%, Hanwa 8% dan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) – yang merupakan patungan antara PT Bintang Delapan Group Indonesia dan Tsingshan – memiliki 10% saham.

Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik di SPLU – dok.Istimewa

Proyek ini memiliki kapasitas produksi 4.000 ton peleburan kobalt. Selain itu mengeksploitasi berbagai bahan kimia baterai, termasuk 50.000 ton intermediet nikel hidroksida per tahun.

“Pada masa mendatang, struktur produk akan disesuaikan dengan permintaan pasar global dan skala produksi akan diperluas,” bunyi pernyataan GEM, tanpa memberi rincian tanggal peluncuran.

Lantas siapa PT Bintang Delapan Group? Penelusuran melalui laman jobstreet.co.id menunjukan, perusahaan ini berdiri sejak 23 tahun lalu. Vidang usahanya sektor pertambangan, perdagangan, dan penyewaan alat-alat berat.

Perusahaan yang berkantor di Kelapa Gading, Jakarta Utara, tersebut memiliki anak perusahaan yakni PT Bintang Delapan Resources. Perusahaan tersebut begerak pada bidang pertambangan dan perdagangan dan beroperasi di Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Ambon, Halmahera, Kendari, serta Morowali. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This