Permintaan BBM Diprediksi Melonjak di 27-31 Desember

Permintaan BBM Diprediksi Melonjak di 27-31 Desember
Ilustrasi pengisian BBM - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Pertamina (Persero) memperkirakan sepanjang periode libur Natal dan Tahun Baru 2018, peningkatan konsumsi BBM akan terjadi pada tanggal 27, 29, dan 31 Desember, serta  5 Januari 2019.  Sedangkan selama arus balik libur Natal yang terjadi, Selasa (25/12/2018) peningkatan bahan bakar jenis gasoline (bensin) naik 10%.

“Karena itu kami menyiagakan seluruh sumber daya layanan retailnya dan menjaga ketersediaan stok BBM  agar dalam posisi aman,” tutur VP Corporate Communications Pertamina Adiatma Sardjito dalam keterangan tertulis, Selasa (25/12/2018).

Dia mengatakan, dari pengamatan data satgas Pertamina pada Selasa (25/12/2018), peningkatan gasoline mencapai rata-rata sekitar 10%.  Diantara BBM yang permintaannya meningkat adalah Pertamax yakni naik 10%.

“Peningkatan Pertamax ini sesuai dengan prediksi awal. “Konsumen memilih Pertamax karena beberapa pertimbangan antara lain kesesuaian dengan spesifikasi mesin dan efisiensi penggunaan bahan bakar,”  kata Adiatma.

Ilustrasi pengisian BBM ke mobil di SPBU Pertamina – dok.Istimewa

Peningkatan permintaan juga terjadi pada jenis gasoil atau bahan bakar mesin diesel. Konsumsi Pertamina Dex meningkat konsumsinya 9%. Pertamina Dex  merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermotor dengan mesin diesel modern.

“Saat ini, banyak konsumen yang menggunakan SUV mesin diesel keluaran terbaru yang spesifikasi mesinnya membutuhkan bahan bakar diesel dengan cetana number 53 yang memiliki performa lebih tinggi,” imbuh Adiatma. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This