Raksasa Bisnis Sumitomo Cuil 2% Saham Blue Bird

Raksasa Bisnis Sumitomo Cuil 2% Saham Blue Bird
Ilustrasi, Taksi Blue Bird - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Perusahaan jasa angkutan PT Blue Bird Tbk telah mendapatkan guyuran dana segar dari konglomerasi asal Jepang, Sumitomo Group melalui pembelian 2% saham. Meski tak diketahui persis nilai dana itu, namun dipastikan akan membawa angina segar bagi perusahaan berlambang burung biru ini.

Kabar pembelian saham Blue Bird oleh Sumitomo itu terungkap dari hasil riset PT Mandiri Sekuritas yang dirilis Senin (4/2/2019) lalu. Data-data riset itu itu diperoleh dari Blue Bird yang diungkapkan pada Mandiri Investment Forum 2019.

“Pembelian 2% saham BIRD (kode saham Blue Bird di Bursa Efek Indonesia/BEI) terjadi pada Desember 2018. Sumitomo menjadi mitra strategis untuk mendoronh bisnis jasa mobilitas Blue Bird,” tulis analis Mandiri Sekuritas Edbert Surya, dalam summary riset itu.

Saat ini jumlah saham Blue Bird di BEI sebanyak 2.500.000.000 lembar. Sehingga, jika Sumitomo membeli 2%, artinya perusahaan tersebut kini menggenggam sekitar 50 jutaan lebar saham Blue Bird.

Armada taksi Blue Bird – dok.taxi-photos.com

Menurut Edbert, sejumlah langkah strategis bisnis telah dan tengah dilakukan oleh Blue Bird. Dengan menggandeng Mitsubishi UFJ Lease & Finance dan Takari Kokoh Sejahtera perseroan itu telah mendirikan Balai Lelang Caready.

Selain itu, Blue Bird juga telah dan usaha taksi di Jogja pada akhir Januari. Bahkan, Bule Bird saat ini tengah melakukan akuisisi shuttle Jakarta-Bandung dengan armada 130 mobil Toyota Hi-Ace. Proses ini disebut bakal rampung akhir Februari nanti.

Sekadar catatan, Sumitomo yang didirikan pada tahun 1919 adalah kelompok usaha yang ternama di Jepang maupun dunia. Inti bisnis dari kelompok ini adalah usaha perdagangan.

Grup ini terdiri dari sejumlah perusahaan yang begerak di berbagai sektor. Menurut pemeringaatan majalah ekonomi Forbes, nilai pasar Sumitomo saat ini mencapai US$ 16 miliar, dengan total aset senilai US$ 81,1 miliar. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This