Korsel Makan Anak Usaha Sun Motor di Sektor Pembiayaan

Korsel Makan Anak Usaha Sun Motor di Sektor Pembiayaan
Presiden Komisiaris Sun Motor Group, Imelda Sundoro bersama Chief Executive Officer KB Capital Hwang Soo Nam usai penandatanganan kerjasama - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – KB Capital, perusahaan pembiayaan dan sewa guna (leasing) asal Korea Selatan (Korsel), mengakuisisi 85% saham PT Sunindo Parama Finance, anak usaha kelompok otomotif nasional Sun Motor Group di sektor pembiayaan. Kedua pihak tidak menyebutkan nilai transaksi ini.

Setelah KB Capital masuk, Sunindo akan merilis produk pembiayaan bagi pelanggan yang membeli kendaraan di jaringan dealer Sun Motor di berbagai kota di Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi terus meningkatnya penjualan dan dealer Sun Motor. Penandatangan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kerja sama dan akuisisi saham itu dilakukan di dealer Mitsubishi Sun Star Prima Motor, Jalan Sholeh Iskandar No 35, Bogor, Jawa Barat.

Chief Executive Officer KB Capital Hwang Soo Nam menyatakan, setelah sukses masuk pasar Laos pada 2017, tahun ini, KB Capital memperluas bisnisnya di Asia Tenggara, yakni ke Indonesia, negara dengan jumlah penduduk nomor empat dan GDP nomor 16 dunia.

“Melalui joint venture ini, kami akan mempersatukan pasar tetap Sun Motor Group dan pengalaman KB Financial Group di bidang keuangan. Guna mempercepat kestabilan joint venture, KB Capital berencana melakukan kerja sama dengan Bank Bukopin, yang 22% sahamnya digenggam Kookmin Bank serta KB Insurance Indonesia yang telah terlebih dahulu masuk pasar asuransi Indonesia,” jelas Hwang Soo Nam, Jumat (22/2/2019).

Ilustrasi, Sun Motor Group meresmikan diler Mitsubishi baru di Kenjeren, Surabaya, Jatim di bawah naungan Grup Sun Motor. dok. Motoris

Presiden Komisaris Sun Motor Group Imelda Sundoro menyambut baik kerja sama ini, karena bisa memberikan pilihan produk pembiayaan yang terbaik kepada para pelanggan. “Kami berharap hadirnya produk baru pembiayaan dari Sunindo Parama Finance yang didukung KB Capital semakin memberikan kemudahan dan pengalaman yang baru bagi para konsumen Sun Motor Group dalam memiliki kendaraan impian,” ungkap Imelda.

Sun Motor Group memiliki diler berbagai merek kendaraan, antara lain Mitsubishi, Suzuki, Chevrolet, MAN, Nissan, Datsun, Hino, dan Toyota. Saat ini, Sun Motor memiliki 60 lebih cabang yang tersebar di berbagai kota di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.

“Kerja sama Sunindo Parama Finance dengan KB Capital merupakan tahap awal dari kemitraan dan akan terus berkelanjutan untuk pengembangan beragam produk pembiayaan, mulai dari pembiayaan mobil baru, mobil bekas, konsumen, hingga penyewaan kendaraan dan properti,” papar Imelda.

CATEGORIES
TAGS
Share This