Tahun Ini Bridgestone Targetkan Penjualan Naik 5-10%

Tahun Ini Bridgestone Targetkan Penjualan Naik 5-10%
Ilustrasi, ban mobil produksi PT Brdgestone Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) tahun ini menargetkan penjualan – baik di segmen pasar penggantian (replacement) maupun segmen pasar korporat sebagai original equipment manufacturer (OEM) – 5-10%. Untuk itu, tahun ini pula BTI menargetkan pertambahan channel penjualan bernama Toko Model (Tomo) menjadi 312 toko dari sebelumnya 300 toko.

Hanya, Presiden Direktur BTI, Akihito Ishii, tak bersedia menyebutkan target tersebut dalam volume. “Itu saja, bahwa target penjualan kami tahun ini bisa naik 5-10%. Sedangkan channel penjualan yang kami targetkan jumlahnya naik sebanyak itu, memang terlihat kecil. Sebab, untuk mendirikan Tomo itu juga membutuhkan investasi yang tidak sedikit,” papar dia di sela acara Media Gathering, di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Menurut Akihito, target sebesar itu sangat masuk akal. Sebab, Indonesia merupakan pasar potensial, dengan populasi terbanyak di kawasan. Selain itu, pertumbuhan penjualan mobil kendaraan bermotor roda empat atau lebih – baik kendaraan penumpang maupun komersial – terus terjadi.

Tahun 2018 lalu, seperti disebutkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) angka penjualan industri mobil meningkat 6% (dengan total 1,15 juta unit). “Ini juga memberi kontribusi positif terhadap Bridgestone,” kata dia.

Jajaran Direksi PT Bridgestone Indonesia – dok.Motoris

Lagi-lagi, Akihito tak besedia menyebutkan angka penjualan di sepanjang tahun tersebut. Meski hanya menyebutkan kisaran pangsa pasar yang berhasil direbut perusahaannya yakni 35 – 50%.

“Kisarannya itu, yakni di atas 35% tetapi di bawah 50%. Maaf kami tidak bisa menyebutkannya secara persis untuk Anda semua, begitu uga volumenya. Karena untuk data-data seperti itu, kami serahkan ke pusat (Bridgestone pusat) yang dihimpun oleh lembaga pihak ketiga independen,” terang dia.

Dia mengaku optimis penguasaan pangsa pasar dan pertumbuhan penjualan di tahun 2019 ini juga bakal tercapai. Sebab, di awal tahun saja di pasar OEM, ban-ban produksi Bridgestone telah dipercaa sebagai ban bawaan pabrik untuk sejumlah model baru yang diproduksi oleh beberapa merek.

Ilustrasi tumpukan ban Bridgestone – dok.Pakwheels.com

Model-model itu adalah All New Toyota Camry, New Toyota Avanza, dan New Daihatsu Xenia. “Dan tahun 2019 ini pada kuartal ketiga, Bridgestone Indonesia akan meluncurkan sebuah produk ban baru untuk segmen (mobil) yang sporty. Ban ini menawarkan performa tinggi kelas premium,” imbuh Akihito tanpa menyebut detil produk tersebut. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This