Jangan Khawatir Kehabisan BBM di Tol, Ada 200 Motoris

Jangan Khawatir Kehabisan BBM di Tol, Ada 200 Motoris
Ilustrasi, petugas SPBU Pertamina - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan dari 14,9 juta orang lebih dari Jabodetabek, 28,9%-nya menggunakan kendaraan pribadi, sehingga kepadatan di jalan pun bakal terjadi. Namun, bagi Anda yang tengah atau bakal mudik dengan kendaraan pribadi tak perlu khawatir kehabisan bahan bakar saat di jalan.

Pasalnya, Pertamina telah menyiapkan 200 penyuplai bahan bakar secara mobile dengan menggunakan sepeda motor atau motoris di sepanjang jalur mudik. Tenaga penyupali dalam Pertamina Siaga itu mengirimkan BBM kemasan jenis Pertamax, Pertamina Dex, dan Fastron di jalur mudik dan arus balik di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Penyuplai mobile atau motoris akan bergerak begitu ada ada kemacetan. Mereka akan melayani pengguna jalan tol yang kehabisan BBM. Untuk mendapatkan layanan, masyaakat bisa menghubungi call center kami di nomor 135 selama periode 29 Mei-12 Juni 2019,” papar Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas’ud Khamid, Saat dihubungi, di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Selain itu, Pertamina juga menyigakan 800 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) se-Indonesia untuk melayani seluruh pengguna kendaraan bermotor yang akan mudik Lebaran 2019. SPBU sebanyak itu berada di luar tol.

Ilustrasi, petugas bermotor penyuplai BBM Pertamina – dok.News108 Jakarta

Sedangkan untuk melayani pemudik yang akan melintas di jalur tol Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo serta di jalur tol lintas Sumatera dari Kualanamu-Belawan, dan Bakaheuni-Palembang, Pertamina menyiagakan 99 SPBU. “Jumlah 99 SPBU tersebut baik permanen maupun sementara,” kata Mas’ud.

Jika ditotla dari 99 SPBU itu ada lebih dari 2.000 nozzle. Jumlah iitu diperkirakan dapat melayani sekitar 576 ribu mobil selama 24 jam.

Pertamina menghitung, pengguna jalan tol pada H-7 hingga H-1 bakal sebanyak 1,4 juta. Dengan kata lain, pengguna jalan saban harinya 200-400 ribu kendaraan. “Dan kapasitas nozzle kami di atas 500 ribu per hari,” imbuh Khamid.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS