Pesawat Tak Murah, Bus ke Sumatera Ketiban Berkah

Pesawat Tak Murah, Bus ke Sumatera Ketiban Berkah
Ilustrasi, armada bus milik PO SAN - dok.PO SAN

Jakarta, Motoris – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat ada peningkatan jumlah penumpang angkutan umum bus selama masa mudik lebaran lalu sebesar 10-15% akibat mahalnya harga tiket pesawat. Peningkatan jumlah penumpang terjadi ke wilayah Sumaera yang tidak dilintasi jalur tol trans Sumatera.

Menurut Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan, peningkatan jumlah penumpang itu diketahui dari jumlah unit armada bus yang diberangkatkan masing-masing Perusahaan Otobus (PO) menjelang hari H lebaran.

“Kalau di lebaran tahun lalu, lonjakan jumlah bus yang diberangkatkan itu terlihat mulai dari H-5 hingga H-3 dengan jumlah armada 12-15 bus. Tetapi di lebaran 2019 ini, sejak H-12 sampai H-2,” papar dia saat dihubungi, di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Memang, unit bus yang diberangkatkan rata-rata hanya 10-12 unit, namun jika ditotal masih tetap jauh lebih banyak dibanding tahun lalu. Maklum jumlah hari pemberangkatan dengan armada sejumlah itu juga lebih banyak dibanding tahun lalu. Apalagi, tingkat isian bangku bus penuh di setiap unitnya.

Ilustrasi, armada bus – dok.Istimewa

Bus-bus tersebut, kata Lesani, sebagian menuju wilayah Sumatera, khususnya ke Palembang, Bengkulu, Jambi, Padang, serta Pekanbaru. Kenaikan jumlah penumpang terbanyak terjadi pada bus yang melayani trayek di rute  jalur lintas tengah Sumatera seperti Bengkulu, Lahat, baturaja, dan Padang.

“Sebab jalur ini kan bukan jalur tol (trans Sumatera), sehingga penggunaan mobil pribadi juga lebih sedikit. Banyak masyarakat yang pulang kampung ke daerah itu memilih bus. Beda dengan lintas Sumatera Selatan yang ada jalur tol hingga Terbanggi, banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan mobil pribadi,” terang Lesani.

Sejumlah PO yang melayani trayek Jawa – Sumatera antara lain, PO NPM, Transport, Gumarang Jaya, ANS, Family Raya dan beberapa lainnya. Perusahaan angkutan tersebut tercatat mengalami peningkatan permintaan yang cukup signifikan. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This