Aturan Baru, Pemilik Kendaraan Bisa Pilih Pelat Nomor

Aturan Baru, Pemilik Kendaraan Bisa Pilih Pelat Nomor
Ilustrasi, pelat nomor mobil di Cina yang memiliki pelafalan menarik - dok.China Daily News

Jakarta, Motoris – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan instansi terkait telah membahas aturan baru yang memungkinkan masyarakat memilih sendiri pelat nomor bagi kendaraan mereka. Pemilihan dilakukan secara online dengan ketentuan yang bakal ditetapkan.

Informasi tersebut diungkapkan oleh Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Refdi Andri, di Jakarta, belum lama ini, usai rapat yang membahas aturan anyar tersebut. “Masih kita kaji secara aturan dan mekanismenya bagaimana. Jadi nanti bisa pilih nopol sendiri,” kata dia.

Untuk tahap pertama, aturan tersebut diberlaukan di wilayah tertentu yakni di DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah. Jika pemberlakuan pertama atau pilot project dinilai berhasil, tidak menutup kemungkinan diberlakukan secara nasional.

Hanya, lanjut Refdi, aturan anyar ini tidak berlaku untuk kendaraan baru yang dibeli oleh masyarakat. Melainkan untuk kendaraan yang telah ada.

Ilustrasi, pelat nomor mobil – dok.CNN

“Jadi bukan untuk kendaraan baru, tetapi yang melakukan mutasi dan balik nama juga bisa pilih nopol sesuai dengan keinginan masing-masing,” terang Refdi.

Soal mekanisme pemilihan, masyarakat akan diberikan batasan-batasan tertentu sehingga, pelat nomor yang dipilih tidak sama dengan pilihan orang lain. Sebagai penanda, pada saat pemilihan akan diberikan tanda berupa warna merah, kuning, dan hijau.

Warna merah diberikan ke nomor seri yang telah dipilih atau digunakan oleh orang lain. Warna kuning, berarti pilihan tersebut tengah dalam proses. Sedangkan warna hijau berarti nomor yang bersangkutan belum ada yang punya. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This