Nanti, Bayar Denda Tilang Bisa Pakai SIM

Nanti, Bayar Denda Tilang Bisa Pakai SIM
Ilustrasi SIM yang diterbitkan oleh Polda Metro Jaya - dok,Motoris

Motoris, Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terus melakukan inovasi dalam hal pelayanan. Kali ini, menghadirkan desain serta fitur baru pada surat izin mengemudi (SIM). Polri menyebutnya sebagai Smart SIM, karena memiliki banyak keunggulan.

Sebagai contoh, bisa digunakan untuk membayar Tol,hingga belanja. Tak hanya itu saja, kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, Smart SIM bisa juga dipakai untuk membayar denda tilang.

“Jadi nantinya bisa digunakan untuk beragam aktivitas pembayaran, sekakrang ini baru dengan beberapa bank, tetapi ke depan akan bisa digunakan semuanya,” ujar Refdi di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Fitur yang paling penting dan menarik adalah, Smart SIM itu bisa menyimpan data tilang sang pemilik. Sebagai contoh, dalam satu bulan pemilik mobil atau sepeda motor itu kena tilang dua kali, maka akan tercatat pada sistem Polri.

Ilustrasi, tampilan Smart SIM – dok.Istimewa

“Satu tahun sekali akan kita evaluasi, dan sebaliknya jika tidak melanggar lalu lintas, maka akan kita beritan penghargaan. Lengkapnya nanti akan kita jelaskan pada saat peluncuran,” tutur Refdi.

Smart SIM akan resmi diluncurkan pada 22 September 2019 atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara. Refdi berharap masyarakat bisa menanfaatkan inovasi dari Polri ini.(Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This