Populasi Truk Barang Diperkirakan Tumbuh 50%

Populasi Truk Barang Diperkirakan Tumbuh 50%
Ilustrasi, truk-truk besar di jalan tol - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Populasi truk angkutan barang diperkirakan bakal tumbuh hingga 50% saban tahun di beberapa tahun mendatang. Pertumbuhan tersebut terjadi berkat sokongan membaiknya infstruktur jalan tol serta ekspansi pabrik perusahaan-perusahaan besar.

Seperti diungkapkan Direktur Utama PT Putra Rajawali Kencana (Pura Trans) Ariel Wibisono – di jalan saja yakni tol Trans Jawa – yang membentang dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 969 kilometer, telah memudahkan arus distribusi barang.

“Sementara, proyek pembangunan terus meningkat dan konsumsi masyarakat tumbuh 5-6%. Sehingga, akan mendongkrak permintaan jasa angkutan barang,” kata Ariel dalam keterangan resmi, Selasa (3/9/2019).

Dengan perkiraan tren seperti itu, pendapatan bisnis angkutan barang menggunakan truk tahun ini diperkirakan mencapai Rp 1,5 triliun. Sedangkan di tahun 2020, nilainya diprediksi naik menjadi Rp 1,5 triliun.
“Tren akan terus naik hingga empat tahun ke depan secara berturut-turut,” ucap Ariel.

Ilustrasi, truk angkutan logistik – dok.Motoris

Kinerja bisis jasa ini akan semakin besar jika sinergi antar moda – yakni kerjasama antara perusahaan jasa angkutan truk dengan perusahaan angkutan kapal laut dan kereta api – juga terjadi. Pasalnya, proses pengiriman barang akan menjangkau wilayah yang lebih luas antar daerah dan pulau.

Namun, dibutuhkan dukungan kebijakan pemerintah untuk memperlancara mobiltas angkutan truk sehingga intensitas dan volume perjalanan juga meningkat. Diantara kebijakan yang dibutuhkan itu adalah, monitoring jembatan timbang yang ditempatkan langsung di pintu keluar masuk area industri, mengingat arus lalu-lintas keluar masuk truk di tempat termasuk sangat padat. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This