Catat, Perluasan Ganjil-genap Berlaku di 25 Wilayah Ini

Catat, Perluasan Ganjil-genap Berlaku di 25 Wilayah Ini
Ilustrasi, mobil yang melintas di wilayah DKI Jakarta yakni di ruas Jalan Sudirman menuju Bundaran HI Jalan Thamrin - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Setelah sejak Jumat (6/9/2019) hingga Minggu (8/9/2019) dilakukan uji coba penerapanannya, kini mulai Senin (9/9/2019) perluasan penerapan kebijakan ganjil-genap pelat nomor kendaraan di wilayah DKI Jakarta resmi diberlakukan. Ingat, ada 25 titik area tempat kebijakan itu berlaku.

Seperti diungkapkan oleh Direktur Lalu-lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Kombes Pol. Yusuf, aparat kepolisian akan melakukan penindakan kepada pengguna jalan yang melanggar aturan itu.

“Karena sosialisasi sudah terus dilakukan, uji coba juga sudah dijalankan. Sehingga, berdasarkan peraturan yang ada, petugas akan melakukan penindakan berupa sanksi penilangan (pemberian bukti pelanggaran) kepada siapa yang melanggar,” papar dia saat dihubungi di Jakarta, Minggu (8/9/2019).

Menurut Yusuf, kebijakan yang didasari Nomor 155 Tahun 2018 itu berlaku pada jam 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Pemberlakuan dilakukan pada hari kerja dari Senin – Jumat kecuali hari libur nasional.

“Kebijakan ini, bukan hanya untuk mengurangani kepadatan lalu-lintas tetapi juga untuk menciptakan udara yang bersih di wilayah DKI Jakarta, selama hari-hari kerja biasa,” kata dia.

Ilustrasi penerapan kebijakan pelat nomor ganjil genap – dok.Poskotanews.com

Yusuf mengingatkan kepada para pengguna kendaraan yang akan masuk dan melintasi wilayah DKI Jakarta, dan belum mengetahui secara ersis area mana saja yang menjadi wilayah penerapan kebijakan itu, untuk mencari informasi.

Sebab, menurut dia, pengguna kendaraan yang melintasi wilayah ibu kota itu bukan hanya warga DKI Jakarta yang sudah mendapatkan informasi tetapi juga warga daerah lain.

Adapun  area yang menjadi wilayah pemberlakuan kebijakan itu adalah

1. Jl. Pintu Besar Selatan

2.Jl. Gajah Mada

3.Jl. Hayam Wuruk

4. Jl. Majapahit

5. Jl. Medan Merdeka Barat

6. Jl. M.H. Thamrin

7. Jl. Jenderal Sudirman

8. Jl. Sisingamangaraja

9. Jl. Panglima Polim

10. Jl. Fatmawati (mulai dari Sp. Jl. Ketimun 1 s.d Sp. Jl. TB Simatupang)

11. Jl. Suryopranoto

12. Jl. Balikpapan

13. Jl. Kyai Caringin

14. Jl. Tomang Raya

15. Jl. Jenderal S. Parman (mulai dari Sp. Jl. Tomang Raya s.d Sp. Jl. KS.Tubun)

16. Jl. Gatot Subroto

17. Jl. M.T. Haryono

18. Jl. H.R. Rasuna Said

19. Jl. D.I. Panjaitan

20. Jl. Jenderal A. Yani (mulai dari Sp. Jl. Perintis Kemerdekaan s.d Sp. Jl. BekasiTimur Raya)

21. Jl. Pramuka

22. Jl. Salemba Raya Sisi Barat

23. Jl. Kramat Raya

24. Jl. St. Senen

25. Jl. Gunung Sahari

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This