Kembali Berpartisipasi di WEC, Goodyear  Boyong Ban Baru

Kembali Berpartisipasi di WEC, Goodyear  Boyong Ban Baru
Ilustrasi ban baru Goodyear yang disodorkan di ajang WEC 2019 - dok.Istimewa

Silverstone, Motoris – Goodyear mengumumkan spesifikasi ban terbarunya untuk pembukaan kejuaraan dunia FIA World Endurance Championship (WEC) musim 2019/2020 di Silverstone, Inggris yang baru saja digelar beberapa waktu lalu.

Tiga tim WEC teratas yaitu Jota Sport, Jackie Chan DC Racing dan High Class Racing menggunakan ban Goodyear di kelas LMP2 yang sangat kompetitif untuk mobil prototipe berkekuatan tinggi. Ajang di Silverstone kali ini menjadi satu-satunya kelas WEC yang menampilkan kompetisi terbuka untuk ban, yang dinilai sebagai wadah sempurna untuk membandingkan teknologi terbaru milik Goodyear.

Peraturan WEC memungkinkan produsen memasok cakupan hingga tiga spesifikasi ban untuk cuaca kering bagi tim balap pada musim ini. Goodyear telah memilih dua spesifikasi pertamanya setelah melakukan pengujian ekstensif sejauh 12 ribu kilometer di tujuh sirkuit.

Seperti dilaporkan laman resmi goodyear.eu, pada laga di Silverstone ini, Goodyear menawarkan ketiga tim dengan ban spesifikasi A (Compound terlembut) dan C (Compound sedang) menggunakan konstruksi baru yang dirancang untuk meningkatkan driveability dan konsistensi di berbagai musim di sirkuit WEC.

“Dengan balapan yang berlangsung selama 4 jam dan 24 jam, fokus kami adalah mengembangkan rentang yang memiliki keberagaman dan performa untuk melaju di berbagai temperatur, menjangkau jarak menuju pit-stop dan untuk mengakomodir berbagai gaya dalam mengemudi,” Mike McGregor, Manajer Penjualan Balap, Pengujian & Dukungan Track seperti dilansir Motoris di Jakarta, Jum’at (6/9/2019).

Ilustrasi, ban Goodyear – dok.Istimewa

Goodyear mengoptimalkan spesifikasi A dan C dalam fitur mobil sebelum mereka mempertimbangkan untuk memperkenalkan spesifikasi ketiganya di Bahrain pada tanggal 14 Desember 2019 atau di São Paulo pada 1 Februari 2020. Pengujian telah menunjukkan bahwa pelapisan ulang terbaru ini telah menciptakan sirkuit dengan grip tinggi yang menempatkan beban berat pada ban.

“Kami juga memperhatikan bahwa permukaan jalan membutuhkan waktu lebih lama untuk ‘rubber in’ setelah hujan yang merupakan salah satu alasan kami memilih compound yang lebih lunak agar dapat memberikan rasa percaya diri kepada pengemudi untuk memaksimalkan dorongan pada ban baru setelah pit-stop,” tambah Mike.

Aturan Baru FIA
Sehubungan dengan renovasi permukaan jalan pada sirkuit ini, FIA telah mengubah peraturan dengan memungkinkan tim untuk menggunakan set ban tambahan selama ajang balapan. Perubahan ini diharapkan dapat mengubah balapan empat jam menjadi serangkaian sprint flat-out antara pit-stop sebagai strategi Goodyear memilih ban yang agresif.

Perlombaan musim panas di Inggris yaitu berarti kinerja ban pada kondisi basah menjadi poin utama dalam perlombaan tersebut. LMP2 Goodyear menampilkan pola tapak baru yang dramatis dengan lekukan lengkung di tepi untuk menyibak air dalam kecepatan tinggi tetapi dengan penopang tengah yang konsisten untuk mempertahankan stabilitas dan pegangan pada beban berat saat menikung.

Desain ini terinspirasi oleh seri Eagle F1 SuperSport terbaru dari Goodyear untuk mobil berperforma tinggi.Ban menengah memiliki konstruksi yang sama dengan ban kering A-spec yang bertujuan untuk meningkatkan grip pada kondisi basah ke kering dan memungkinkan tim untuk mengoptimalkan durasi antara pit-stop.

Ilustrasi pengujian ban baru Goodyear – dok.Istimewa

Pengujian yang dilakukan oleh Goodyear di tujuh sirkuit bertujuan untuk menguji beberapa kondisi basah yang berbeda sebanyak mungkin. Selain sirkuit di Inggris dari Silverstone, Donington dan Rockingham, Goodyear bakal mengujicoba ban itu di Sirkuit Bishopscourt, Irlandia Utata, disusul uji ban Portimao (Portugal), Motorland (Spanyol) dan Sebring (AS).

“Kami telah menguji dalam kondisi basah yang bervariasi antara 4 hingga 35 derajat celcius, hal ini memberi kami pemahaman mendalam tentang apa yang dibutuhkan untuk menang pada kondisi basah,” kata Mike. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This