Investigasi di Australia, 60% Busi di Toko Online Palsu

Investigasi di Australia, 60% Busi di Toko Online Palsu
Busi Honda yang dipalsukan dan beredar di toko online di Australia - dok.Carscoops

Sidney, Motoris – Meski ini terjadi di Australia, namun bisa menjadi plajaran siapa saja yang membutuhkan peranti pemantik pengapian atau busi kendaraan bermotor agar lebih waspada. Hasil investigasi Komite Federal Industri Otomotif Australia (FCAI) bersama Koalisi Produsen Otomotif Australia menemukan bukti 60% busi-busi ternama yang dijual di toko online ternyata dipalsukan.

Seperti dilaporkan laman SBS News dan Carscoops, Kamis (3/10/2019), busi-busi yang dipalsukan itu merupakan produk-produk ternama. Bahkan busi yang diproduksi merek Industri otomotif sebagai busi bawaan pabrik (OEM) pun, tak luputu dari tindakan haram itu. Produk busi yang diplasukan itu adalah produk buatan Honda, Nissan, Mazda, Toyota, Denso, NGK, dan lain-lain.

Secara kasat mata bentuk dan tampilan tulisan maupun kemasan tak bisa dibedakan antara yang asli dengan yang palsu. Itulah yang membuat konsumen secara tak sadar telah tertipu.

Busi NGK Palsu yang sulit dibedakan dengan aslinya, beredar di toko online – dok.Carscoops

“Yang lebih mengkhawatirkan lagi, mereka hampir tidak bisa dibedakan dari busi yang asli. Banyak yang tampilannya sangat baik dan bahkan ditandai dan dikemas dengan merek Honda, Nissan, Mazda, dan Toyota,” tutur Kepala Eksekutif FCAI Tony Weber.

“Kami memiliki sejumlah orang yang ahli memeriksa kemasan dan busi. Mereka, bahkan hampir tidak dapat membedakannya. Sehingga, Anda tidak akan tahu itu palsu, sampai terlambat mengetahuinya,” jelas Tony.

Padahal, sejatinya, busi-busi itu menggunakan bahan berkualitas rendah dan memiliki konstruksi yang lebih buruk. Busi ini bisa diketahui palsu setelah dibelah menjadi dua. Dari situlah diketahui perbedaan struktur atau konstruksi antara busi yang asli dengan yang palsu, selain itu juga terlihat perbedaan bahan atau material yang digunakan.

Selain kinerjanya yang rendah ketika digunakan, busi-busi palsu ini juga dapat merusak mesin kendaraan. Beberapa pengetesan menujukan, pemantikan api oleh busi palsu jauh lebih redah kualitasnya. Alhasil, mesin kendaraan harus bekerja ekstra keras.

Busi Mazda palsu yang ditemukan di Australia dan dijual di toko online – dok.Cascoops

Hanya, Komite dan Koalisi Produsen Otomotif itu tak menyebut toko online mana saja yang memperdagangkan busi-busi palsu ini. Namun, mereka menyatakan, akan jauh lenih aman jika membeli busi di toko resmi atau diler kendaraan. (Ara)

Busi Nissan palsu yang dijual di toko online di Australia- dok.Carscoops

CATEGORIES
TAGS
Share This