Ingat, di Jakarta Melibas Jalur Sepeda Didenda Rp 500 Ribu

Ingat, di Jakarta Melibas Jalur Sepeda Didenda Rp 500 Ribu
Ilustrasi, jalur khusus pesepeda - dok.Bicycle Touring Pro

Jakarta, Motoris – Ini aturan baru yang perlu diperhatikan para pengguna kendaraan bermotor – baik roda empat maupun roda dua di wilayah DKI Jakarta. Jika melintasi jalur khusus yang disediakan untuk kendaraan non bermotor yakni sepeda, akan ditindak dan diberi bukti pelanggaran (tilang) berikut sanksi denda sebesar Rp 500.000.

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir menyebut nilai denda sebsar itu bisa diganti (subsider) dua bulan kurungan. Pemberian sanksi, kata dia, dimaksudkan untuk memberi efek jera kepada pelanggar ketentuan.

Nasir mengatakan uji coba jalur khusus sepeda tahap pertama telah selesai dilakukan. Jalur ini diberi kelengkapan berupa rambu dan marka permanen.

“Aturannya sudah jelas, melanggar rambu lalu lintas, dan akan kita mulai terapkan jika sudah selesai diujicoba hingga November 2019 mendatang,” papar dia di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia mewanti-wanti agar mulai saat ini para pengguna mobil atau motor terutama para pengemudi ojek online (ojol) harus tertib. Sebab, selama ini banyak ditemukan para pengemudi ojol mangkal atau menaik-turunkan penumpang di jalur sepeda.

Ilustrasi, Jalur sepeda di Jakarta – dok.Poskotanews.com

“Pemprov DKI Jakarta akan memfokuskan jalur sepeda untuk pengguna sepeda di Ibu Kota ini, jadi harus kita dukung dan diharapkan semuanya bisa tertib, tidak melanggar aturan,” jelas Nasir.

Hingga saat ini sudah tujuh jalur tengah diujicobakan pada 20 September-19 November 2019 sepanjang hari. Jalur itu berada di:
1. Jalan Medan Merdeka Selatan
2. Jalan M.H Thamrin
3. Jalan Imam Bonjol
4. Jalan Pangeran Diponegoro
5. Jalan Proklamasi
6. Jalan Pramuka
7. Jalan Pemuda

Ilustrasi, pengemudi ojek online tengah menunggu order penumpang di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta – dok.Motoris

Selanjutnya, pada tahap kedua ada empat jalur yang akan diujicoba pada 12 Oktober-19 November 2019. Jalur itu meliputi :
1. Jalan Jenderal Sudirman
2. Jalan Sisingamangaraja
3. Jalan Panglima Polim
4. Jalan RS Fatmawati Raya

Tahap ketiga, enam jalur akan diujicoba 2-19 November 2019.Keenamnya adalah:
1. Jalan Tomang Raya
2. Jalan Cideng Timur
3. Jalan Kebon Sirih
4. Jalan Matraman Raya
5. Jalan Jatinegara Barat
6. Jalan Jatinegara Timur (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This