Penjualan Mobil Grup Astra Masih Jeblok

Penjualan Mobil Grup Astra Masih Jeblok
Ilustrasi, mobil Isuzu MU-X versi anyar yakni MU-X I series yang dijajakan salah satu anak perusahaan Astra yakni PT Isuzu Astra Motor Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Hingga bulan kesepuluh atau Oktober 2019, total penjualan mobil merek-merek di bawah naungan Grup Astra tercatat sebanyak 447.538 unit atau susut 7,62 % dibanding Januari – Oktober 2018. Alhasil, pangsa pasar yang digenggam grup Astra pun mengkerut.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di sepuluh bulan pertama pada tahun 2018 lalu, grup Astra masih mencengkeram 56% pangsa pasar mobil. Tapi tahun ini hanya 53%.

Merek yang merupakan bagian dai Grup Astra adalah Toyota, Daihatsu, Isuzu, seta Peugeot. Dari merek-merek ini, Toyota masih yang terbanyak membukukan penjualan.

Data asosiasi industri kendaraan bermotor itu juga menunjukan, penurunan penjualan merek-merek anggota geng Astra juga terjadi pada segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Pada rentang Januari – Oktober tahun ini, penjualan LCGC merek di bawah grup Astra sebanyak 126.060 unit.

Baca juga: Pendapatan Astra Otoparts Naik Tipis, Cuma 1,04%

Ilustrasi, Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Jumlah ini ambles 11,9% dibanding periode yang sama tahun lalu. LCGC yang dijual adalah Toyota Agya dan Toyota Calya oleh PT Toyota Astra Motor, serta Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Fakta lain yang terungkap dari data Gaikindo adalah, kenaikan penjualan di bulan Oktober tahun ini dibanding bulan sebelumnya, yakni dari 92.928 unit menjadi 96.030. Tetapi, penjualan bulan Oktober tahun ini masih merosot 9,47% dibanding bulan yang sama tahun lalu yang sebanyak 106.079 unit.

Bahkan, total penjualan seluruh merek anggota Gaikindo dalam sepuluh bulan tersebut juga masih ambrol 11,7% dibanding tahun lalu. Di rentang 10 bulan tahun lalu penjualan mencapai 962.800 unit, sedangkan tahun ini 849.600 unit.

Baca juga: Penjualan Mobil Menciut, Harga Saham Astra Susut

Ilustrasi, LCGC Toyota Agya, salah satu mobil yang dipasarkan anak perusahaan Grup Astra yakni PT Toyota Astra Motor dipamerkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

“Daya beli masih menjadi penyebabnya. Harga komoditas yang masih belum membaik dan proyek-proyek infrastruktur yang belum dimulai lagi, menjadi penyebab,” kata Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi, Jumat (15/11/2019). (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS