Melintasi Margonda, Daan Mogot, dan Kalimalang Harus Bayar

Melintasi Margonda, Daan Mogot, dan Kalimalang Harus Bayar
Ilustrasi penerapan ERP di Singapura - dok.Straits Times

Jakarta, Motoris – Mulai 2020, tiga ruas jalan di Jakarta, Tangerang, dan Depok, Jawa Barat akan menerapkan jalan berbayar alias electronic road pricing (ERP). Langkah ini sama seperti penerapan jalan berbayar di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta yang rencananya  juga dimulai tahun depan.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BPTJ Budi Rahardjo. Menurut dia, tiga ruas jalan itu sebagai langkah awal, atau artinya ke depan akan banyak jalan yang menerapkan sistem ERP.

“Langkah ini tentunya untuk mengurangi kemacetan. Dengan skema jalan berbayar, diharapkan bisa lebih bagus lagi,” tutur Budi di Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Dalam penerapan ERP tersebut, BPTJ pun akan bertanggung jawab di ruas jalan nasional, sementara pemerintah provinsi akan bertanggung jawab di jalan daerah masing-masing.

Baca juga: Motor Boleh Melintas di Jalan Tol, Asal Syarat Ini Dipenuhi

Ilustrasi, penerapan sistem ERP – dok.Straits Times

“Nanti untuk jalan nasional, diterapkan di jalan Margonda, Depok, jalan Daan Mogot Tangerang, dan Kalimalang, Bekasi. Ini baru untuk tahap I,” ungkap Budi.

Menurut dia, skema ERP dinilai akan dapat mengurangi banyaknya penggunaan kendaraan pribadi di kawasan Jakarta. Sebab, kebijakan ganjil-genap yang diberlakukan saat ini belum dapat menurunkan jumlah penggunaan kendaraan secara signifikan. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This