Catat Jadwal Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Beroperasi

Catat Jadwal Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Beroperasi
Tol elevated Jakarta - Cikampk - dok.Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat

Jakarta, Motoris – Kabar gembira buat masyarakat, terutama yang punya rencana berlibur di hari Natal dan Tahun Baru 2020, dan melintas di Tol Jakarta-Cikampek. Anda tidak akan kena macet parah, karena jalan Tol Layang di wilayah itu mulai dioperasikan pertengahan Desember 2019 ini.

Menurut penjelasan Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso, guna mengantisipasi lonjakan pengguna jalan di musim libur jelang akhir tahun, sudah sewajarnya Tol Layang Jakarta-Cikampek dibuka.

Tahap awal, atau ketika pembukaannya nanti masih dalam sosialisasi. Kendaraan yang melintas belum akan dikenakan tarif.

“Tetapi tidak semua jenis kendaraan bisa melintas di jalan Tol layang itu. Kendaraan berat seperti truk dan sejenisnya tidak bisa melintas,” tutur Dwimawan di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Jalan tol ini terbentang dari Cikunir hingga Karawang Barat (km 9+500 sampai dengan km 47+500).

Baca juga: Tol Layang Cikampek Segera Beroperasi, Pelajari Batas Kecepatannya

Ilustrasi, proyek jalan tol layang Jakarta – Cikampek – dok.Istimewa

Selama pengerjaan konstruksi cukup berkontribusi memacetkan lalu lintas di bawahnya, bersamaan dengan pembangunan konstruksi LRT Jabodebek lintas Bekasi Timur-Cawang dan Kereta Cepat lintas Jakarta-Bandung.

Tol Layang Jakarta-Cikampek merupakan yang pertama di Indonesia dalam satu ruas ada layanan tol (elevated dan at grade).

Selama ini sudah ada layanan tol layang, seperti Tol Cawang-Tanjung Priok (15 kilometer), Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu 21 kilometer) dan Tol Tanjung Priok-Pluit (21 kilometer).(Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This