Mulai 2020, Beli BBM di SPBU Tak Lagi Tunai

Mulai 2020, Beli BBM di SPBU Tak Lagi Tunai
Ilustrasi, petugas SPBU Pertamina tengah mengisi BBM - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Kolaborasi PT. Pertamina dengan PT. Telkom yang menargetkan program digitalisasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) selesai Juni 2020, ternyata diyakini sudah bisa rampung pada kuartal pertama tahun itu. Artinya, semua pembelian bahan bakar (BBM) di SPBU mulai kuartal pertama tahun depan sudah tidak menggunakan uang tunai.

Seperti diungkapkan Diektur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, perusahaan milik negara itu telah menjalin kerjasama dengan semua perbankan guna merealisasikan transaksi non tunai. “Jadi, program digitalisasi ini akan kita selesaikan pada triwulan satu 2020 (kuartal pertama). Seluruh transaksi di SPBU, kita dorong (dilakukan secara) cashless (non tunai),” kata Nicke di kantor Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Jakarta, Senin (30/12/2019).

Dalam rangka digitalisasi tersebut pada setiap SPBU dipasang automatic engage. Perangkat itu akan secara otomatis merekam pembeli yang akan melakukan pemesanan. Di sejumlah Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) cara ini, kata Nicke, sudah diberlakukan.

Sistem digital ini juga sebagai sarana pengawasan penyediaan dan pendistribusian Jenis BBM Tertentu (JBT)/BBM bersubsidi seperti minyak solar dan jenis BBM khusus penugasan (JBKP) jenis premium agar tepat sasaran dan volume. Caranya, dilakukan digitalisasi nozzle di 5.518 unit SPBU yang ada di Tanah Air.

Ilustrasi, SPBU – dok.Istimewa

Samai dengan 27 Desember kemarin program digitalisasi itu sudah direalisasikan di 2.740 SPBU. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.552 SPBU telah tersedia perangkat electronic data capture (EDC).

Kepala BPH Migas, Fansurullah Asa meminta agar sisa target tersebut dilaksanakan tepat waktu dan Pertamina juga bisa mengimplementasikan sistem identifikasi konsumen dan volume pembelian pada digitalisasi nozzle SPBU dengan nomor polisi.

“Caranya dilakukan pencatatan terlebih dahulu sebelum dilaksanakan pengisian BBM. Sehingga BBM benar-benar tepat sasaran, untuk BBM jenis tertentu dan BBM penugasan,” ujar dia di tempat yang sama. (Mus/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This