Takata Recall 10 Juta Airbag Mobil dari 14 Merek Otomotif

Takata Recall 10 Juta Airbag Mobil dari 14 Merek Otomotif
Ilustrasi recall kendaraan karena airbag bermasalah- dok.Istimewa

Detroit, Motoris – Takata melakukan penarikan kembali (recall) 10 juta lebih inflator kantong udara (airbag) di 14 pembuat mobil berbeda-beda. Aksi ini merupakan penarikan dalam jumlah terbesar dalam sejarah di Amerika Serikat (AS), seperti dilansir Associated Press.

Adapun alasan penarikan tersebut karena airbag yang dipasok Takata untuk keperluan mobil-mobil yang diproduksi 14 pabrikan pemesannya bisa meledak karena menggelembung terlalu keras. Selain itu, airbag Takata yang meledak itu semakin membahayakan pengendara karena juga melontarkan partikel logam.

Sebanyak 10 juta inflator yang ditarik baru-baru ini menjadi bagian dari sekitar 70 juta airbag Takata yang digunakan oleh produsen otomotif AS. Recall dilakukan sesuai perintah Admiministrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).

Adapun merek kendaraan yang menggunakan airbag Takata adalah Audi, BMW, Honda, Daimler Vans, Fiat Chrysler, Ferrari, Ford, General Motors, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Subaru, Toyota dan Volkswagen ikutan terpengaruh.

Ilustrasi, airbag mobil bermasalah – dok.Business Insider

Pembuat mobil akan menentukan jenis model apa yang terpengaruh dan melakukan penarikan oleh mereka sendiri. Seperti Ford, Fiat Chrysler, Hinda dan Mazda sudah membuat pengumuman. Inflator yang ditarik kembali digunakan untuk mengganti yang berbahaya yang dibuat Takata.

Takata diketahui menggunakan amonium nitrat untuk membuat letupan kecil agar kantung udara bisa mengembang. Namun bahan kimia yang digunakan tersebut dapat memburuk seiring waktu ketika terpapar panas tinggi, kelembaban dan terbakar terlalu cepat. Ledakannya itu bisa melemparkan pecahan logam. Dalam penggantian airbag oleh pabrikan yang terdampak, tidak akan lagi menggunakan amonium nitrat tersebut.

Setidaknya 25 orang korban meninggal dunia di seluruh dunia dan ratusan lainnya luka-luka akibat meledaknya inflator Takata. Dalam dokumen yang diposting Rabu (8/1/2020) di situs NHTSA, Takata mengatakan angka 10 juta adalah perkiran dan banyak inflator tidak pernah dipasang di kendaraan.

Perusahaan itu mengatakan tidak tahu berapa banyak kendaraan yang terpengaruh. Namun jumlahnya pasti banyak.

Ilustrasi, airbag Takata bermasalah di Audi A6 – dok.Autoweek

Misalnya Subaru,yang pada hari Rabu (8/1/2020) melakukan penarikan hampir setengah juta kendaraan untuk menggantikan inflator Takata yang digunakan sebagai perbaikan sementara. Penarikan itu mencakup kendaraan dari tahun 2003 hingga 2014 termasuk model Forester, Baja, Impreza, WRX, Legacy dan Outback tertentu. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This