Bridgestone Ramaikan Persaingan Bisnis Ban Tanpa Angin

Bridgestone Ramaikan Persaingan Bisnis Ban Tanpa Angin
Ban tanpa angin Bridgestone - dok.Automotive News

Las Vegas, Motoris – Produsen ban asal Jepang, Bridgestone meluncurkan produk baru yang disebut ban tanpa angin (airless tire). Ban anti bocor buatan Bridgestone menyasar kebutuhan truk komersial dan sepeda. Dengan menggunakan ban baru ini, sopir truk tidak perlu lagi khawatir menghadapi masalah ban kempes atau bocor saat bepergian jauh.

Ban baru ini pertama kali diperkenalkan pada pameran Consumer Electronics Show di Las Vegas. Ban ini menggunakan bahan utama kumpulan termoplastik yang telah didaur ulang. Bridgestone mengatakan sedang mengembangkan teknologi ini dan akan memasarkan ban besar yang sanggup menopang beban hingga 2.267 kilogram (kg).

Selain itu, Bridgestone akan merilis ban berukuran lebih kecil dan ringan untuk sepeda. Rencananya, koleksi ban baru ini akan dipajang pada Summer Olympics Tahun 2020 di Tokyo.

Desain baru ini membuat putaran roda menjadi lebih stabil karena material termoplastik sebagai penyangga ban memiliki kekuatan yang sangat konstan. Selain itu, cengkraman yang dihasilkan pun sama kuatnya seperti ban konvensional.

Direktur Eksekutif Bridgestone Amerika, Jon Kimpel mengatakan teknologi ini bisa menjadi solusi terbaik bagi pengguna truk komersial sehingga tak lagi khawatir terjadi sesuatu di jalan raya pada roda kendaraannya.

Ban tanpa angin buatan Bridgestone – dok.Automotive News

“Teknologi ini menjadi solusi bagi mereka (sopir),” ujar Jon Kimpel dilansir Automotive News, belum lama ini.

Kimpel menjelaskan permasalah tekanan udara pada truk biasa terjadi setiap 12.874 kilometer (km). Hal ini tak jarang menjadi masalah, yang membuat waktu perjalanan menjadi bertambah lama.

Teknologi yang dibuat Bridgestone ini salah satunya adalah agar dapat bersaing dengan Michelin, pabrik ban yang menjadi kompetitornya. Michelin diketahui telah lebih dulu merilis Uptis (Unique Puncture-Proof Tire System), ban tanpa angin pada Juni 2019 lalu.

Bridgestone merupakan salah satu pabrik ban terbesar di dunia. Berdasarkan data dari bisnis ban dunia, tahun lalu Bridgestone memproduksi 180 juta ban. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This