Sudah Pasok Ban ke Porsche Taycan, Laba Hankook Tire Masih Anjlok 30%

Sudah Pasok Ban ke Porsche Taycan, Laba Hankook Tire Masih Anjlok 30%
Ilustrasi, ban Hankook - dok.Istimewa via Tire Tech International

Seoul, Motoris – Produsen ban asal Korea Selatan – yang merupakan pabrikan ban terbesar ketujuh di dunia – Hankook Tyre & Technology Company, menyatakan telah memasok ban untuk sedan sport listrik Porsche Taycan 4S. Ban jenis Ventus S1 evo 3 yang dipasok Hankook itu menjadi ban bawan pabrikan (OEM) bagi mobil tersebut.

Pernyataan resmi Hankook Tyre yang dilansir Yonhap, Kamis (9/7/2020), pasokan ban ke sedan sport besutan pabrikan asal Jerman itu dilakukan sejak paruh pertama 2019. “Namun, perusahaan tidak memberi penjelasan hingga kapan pasokan tersebut akan dilakukan, bergitu pula dengan nilai kontrak pasokan yang disepakati,” tulis kantor berita resmi Korea Selatan tersebut.

Tetapi yang pasti, Hankook menjadi pemasok ke Porsche AG sejak lima tahun lalu, atau tepatnya sejak April 2015. Saat itu, ban pabrikan ini digunakan sebagai ban OEM SUV Porsche Macan, dan bahkan sejak Juni 2019, SUV Porsche lainnya yakni Porsche Cayenne juga menggunakannya.

Namun, ternyata pemasokan ban ke produsen mobil tidak menghasilkan banyak menghasilkan fulus bagi Hankook, meski dari sisi citra merek lebih terangkat. Pendapatan terbesar justeru dari pasar penggantian atau replacement, walaupun sejak awal tahun ini pasar segmen ini menyusut.

Porsche Taycan menggunakan ban besutan Hankook Tyre sebagai ban bawaan pabrik- dok.The Driven

Jika ditotal hingga kini, Hankook telah memasok ban ke hampir 50 produsen mobil asing, termasuk Audi, BMW, Mercedes-Benz, dan Porsche. Meski demikian, pabrikan ini tetap akan menggenjot kinerja di pasar ritel atau replacement.

Laporan kinerja menyebutkan, sepanjang Januari-Maret lalu, laba bersih yang dibukukan hanya 81,28 miliar won atau anjlok 34% dibanding periode sama tahun 2019 yang senilai 123,23 miliar won.

Amblesnya penjualan yang berdampak ke laba tersebut dipicu oleh dampak wabah virus corona yang mendera berbagai belahan dunia. Padahal, 80% pendapatan Hankook Tire dari operasinya di luar negeri.

Pabrik ban Hankook di Eropa, tepatnya di Eropa – dok.Tyrepress

Saat ini dia memiliki delapan pabrik yakni dua di Korea Selatan, satu di Hungaria, satu di Amerika Serikat. Sedangkan tiga pabrik berada di Cina dan satu di Indonesia, yang total kapasitas seluruhnya sebanyak 102 juta ban. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This