Produsen Tekstil Jepang Ini Bikin Harga Flat Tyre Jauh Lebih Murah

Produsen Tekstil Jepang Ini Bikin Harga Flat Tyre Jauh Lebih Murah
Ban jenis flat tyre yang digunakan oleh salah satu varian mobil Mercedes-Benz - dok.CarsGuide

Osaka, Motoris – Ban pipih yang dikenal dengan nama flat tyre atau ban run flat memang terbukti memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan ban biasa. Ban ini mampu bertahan di kala dalam kondisi darurat seperti tertusuk benda tajam dan bocor, sehingga masih mampu menopang mobil untuk melaju hingga menuju toko ban atau tukang tambal ban terdekat.

Hanya, harga ban tersebut terbilang mahal. Maklum, material yang digunakan sebagai bahan pembuat ban jenis itu juga bukan material biasa. Tapi, harga yang selangit itu diyakini tak akan terjadi lagi, sehingga keberadaan ban jenis ini di pasaran akan tetap ada. Bahkan peminatnya pun akan semakin bertambah.

Pasalnya, perusahaan tekstil asal Osaka, Jepang – yakni Omikenshi Company Ltd – baru-baru ini memperkenalkan bahan baru ban jenis itu. Bahkan, bahan tersebut tak hanya murah tetapi juga ramah lingkungan.

Seperti dilaporkan Nikkei Asian Review yang dikutip laman Top Gear, Kamis (27/8/2020) Omikenshi telah mengembangkan bahan serat selulosa atau serat rayon yang memiliki kekuatan sangat tinggi. Selain berharga hanya setengah dari ban biasa, ban dengan bahan dasar itu diklaim memiliki emisi karbon yang tingkatnya hanya separuh saja dari ban biasa.

Ilustrasi, flat tyre yang digunakan sebuah mobil – dok.Nikkei Asian Review,jpg

Bahan ini dikembangkan Omikenshi bersama Universitas Shinshu dan produsen karet Zeon. “Kami melihat banyak permintaan dan kebutuhan dari produsen ban dunia akan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Karena mereka sadar terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa,” papar Senior Executive Omikensi Company, Toshifumi Maeda.

Rencananya, bahan dasar pembuat flat tyre yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan ini mulai dipasarkan pada tahun 2021 nanti. Hanya, tak disebut sudah berapa banyak pabrikan ban yang memesannya.

Namun yang pasti, Omikenshi tak hanya akan membuatnya sebagai bahan dasar pembuatan ban pipih saja, tetapi juga produk lain komponen otomotif. Perusahaan itu juga bakal menyodorkannya untuk bahan filter udara. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This