Keren, Kunci Mobil Volvo Ini Bisa Cegah Kecelakaan Akibat Ngebut

Keren, Kunci Mobil Volvo Ini Bisa Cegah Kecelakaan Akibat Ngebut
Kunci pintar pemberi peringatan batas kecepatan dan mobil Volvo - dok.ThisIsMoney UK

Goteborg, Motoris – Pabrikan mobil asal Goteborg, Swedia – Volvo Cars – membuat terobosan baru dalam rangka mencegah pengemudi mobil buatannya mengalami kecelakaan karena terlena menggeber kendaraannya hingga melebihi batas yang semestinya. Produsen mobil yang berdiri sejak 1927 itu menciptakan kunci yang memberi peringatan soal laju mobil.

Dalam keterangan resmi dilansir laman This is Money UK dan Car Advice, belum lama ini, Volvo mengatakan dengan kunci itu, pengemudi mobil bisa menetapkan batas kecepatan mobil yang sesuai dengan peraturan. Sehingga, jika dalam perjalanan, pengemudi terlena dengan keadaan dan terus membejk pedal gas kecepatan, kunci tersebut akan memberi sinyal peringatan.

Setelah menangkap sensor laju mobil melebihi batas yang ditetapkan, kunci akan memunculkan indikator peringatan agar pengemudi menurunkan laju kecepatan mobil. Secara umum Volvo membatasi kecepatan tertinggi hanya sampai 180 kilometer per jam (kpj), tetapi pemilik mobil bisa menetapkan batas kecepatan kurang dari angka itu.

Kunci pintar mobil Volvo – dok.Volvo

“Kami sangat menyadari bahwa produsen mobil memiliki tanggung jawab untuk membantu meningkatkan keselamatan lalu lintas. Teknologi pembatas kecepatan kami sangat cocok dengan pemikiran itu. Pembatasan kecepatan sangat membantu orang merefleksikan dan menyadari bahwa mengebut itu berbahaya,” papar Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Keamanan Mobil Volvo, Malin Ekholm.

Pabrikan akan menjadikan kunci pintar tersebut sebagai fitur standar di semua mobil keluaran terbaru. Artinya, semua mobil Volvo yang diproduksi pada tahun 2021 nanti sudah mendapatkan kunci ini.

“Kunci ini bisa menjadi sarana melindungsi keluarga yang menggunakan mobil. Misalnya, saat mobil dipinjam teman atau anggota keluarga lainnya, pemilik dapat menyetel peringatan batas kecepatan di kunci itu. Sehingga, mereka akan terhindar dari bahaya akibat mengebut,” tandas Malin.

Ilustrasi, mobil Volvo – dok.Istimewa

Dia menambahkan, Volvo terus berupaya mengembangkan teknologi penunjang keamanan berkendara di mobil buatannya, baik bagi pengemudi maupun orang lain yang berada di jalan. Selain mengebut, Volvo mengindentifikasi keracunan dan gangguan konsentrasi seperti mabuk menjadi penyebab kecelakaan.

“Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang kurang memahami bahaya di sekitarnya saat ngebut. Akibatnya, banyak orang yang sering mengemudi dengan kecepatan tinggi meski memiliki adaptasi kecepatan yang buruk terhadap situasi lalu lintas yang ada. Karena itu jalan satu-satunya adalah membatasi kecepatan,” imbuh Malin. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This