Astra Dapat Jatah Rp 1 Triliun dari ADM

Astra Dapat Jatah Rp 1 Triliun dari ADM
Pabrik Daihatsu (bisnis)

Jakarta, Motoris – PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pabrikan mobil terbesar di Indonesia, membukukan lonjakan laba bersih sebesar 50% menjadi Rp 3,36 triliun per September 2017, dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 2,24 triliun. Melejitnya laba bersih ditopang oleh kenaikan produksi, seiring meluncurnya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Dari jumlah itu, berdasarkan laporan keuangan Grup Astra, sebanyak Rp 1 triliun merupakan jatah Grup Astra, pemegang 32% saham ADM. Adapun sisanya dipasok ke Daihatsu Motor Company (DMC) dan Toyota Tsusho, yang masing-masing memegang 62% dan 6% saham.

Dari keterangan sejumlah broker saham, lompatan laba bersih ADM ini mampu mengompensasi penurunan laba bersih unit bisnis distribusi mobil Grup Astra, dalam hal ini sang primadona Auto2000, yang tertekan cukup dalam, akibat perang harga yang kian sengit. Alhasil, laba bersih divisi otomotif Grup Astra, konglomerasi otomotif terbesar di negeri ini, mampu tumbuh 10% menjadi Rp 6,5 triliun, terbesar dibandingkan enam unit bisnis Astra lainnya.

ADM memiliki pabrik perakitan di Sunter, Jakarta Utara, dan Karawang, Jawa Barat, berkapasitas 580 ribu unit per tahun. Tahun ini, ADM mendapat amunisi baru dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang masing-masing terjual 57.333 unit dan 32.171 unit per September 2017. Penjualan model-model lawas yang diproduksi ADM juga masih tinggi, seperti mobil sejuta umat Toyota Avanza, Agya, dan Rush, serta merek Daihatsu meliputi Gran Max, Xenia, Daihatsu dan Terios.

Baca juga: Pabrikan Mobil Belum Puas dengan Penurunan Pajak Hybrid

Pada periode itu, penjualan Daihatsu mencapai 140.233 unit, sedangkan Toyota 289.921 unit, masing-masing naik 8% dan 5% dari periode sama tahun lalu, berdasarkan data penjualan secara wholesales yang direkap Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Hasil itu mengantarkan Toyota di puncak pasar mobil domestik, sedangkan Daihatsu di posisi dua, mengalahkan rival abadinya, Honda, yang kini berada di peringkat tiga.

Tahun depan, duet Toyota All New Rush dan Daihatsu bakal menjadi motor pertumbuhan produksi ADM. Soalnya, target penjualan dua model baru itu dikerek hingga dua kali lipat dari versi lawas. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This