Ungguli CATL, LG Chem Masih Kuasai Pasar Baterai Listrik Dunia

Ungguli CATL, LG Chem Masih Kuasai Pasar Baterai Listrik Dunia
Ilustrasi, pengisian daya baterai mobil listrik buatan LC Chem - dok.Nikkei Asian Review

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil listrik di dunia yang terus berada di tren pertumbuhan telah memantik perkembangan produsen pembuat baterai listrik, dengan munculnya nama-bama baru. Namun, di tahun ini, sepanjang Januari – September, LG Chem Ltd, masih menjadi produsen dengan penjualan terbanyak di dunia.

Seperti dilaporkan laman The Korea Herald, Jumat (30/10/2020) hasil penelitian SNE Ressearch – sebuah lembaga penelitian pasar energi terbarukan dunia yang berkantor pusat di Seoul,Korea Selatan – menunjukkan, sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, LG Chem menjual baterai dengan total kapasitas 19,9 gigawatt-jam (GWh). Jumlah itu setara dengan 24,6% total penjualan di pasar dunia oleh berbagai pabrikan.

“Tingginya penjualan dalam sembilan bulan pertama tahun ini berkat permintaan yang kuat dari pembuat mobil global,” bunyi keterangan SNE Ressearch.

Ilustrasi, LG Chem – dok.Forbes

Angka penjualan LG Chem ini mengungguli angka penjualan CATL. Produsen baterai asal Cina itu menggenggam pangsa pasar 23,% persen, dan pabrikan asal Jepang, Panasonic, menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar 19,5%.

Rekan satu negara LGC Chem – yakni Samsung SDI Company dan SK Innovation Company – masing-masing berada di tempat keempat dan keenam. Jika ditotal dengan penjualan dua pabrikan ini, maka penjualan baterai listrik buatan pabrikan Korea Selatan mencapai 35,1%.

LG Chem selama ini memasok baterainya ke Tesla, produsen mobil listrik nomor satu dunia. Selain itu, penyerap baterai buatan LG Chem adalah Renault Samsung Motors dan Porsche.

Ilustrasi, booth CATL dalam sebuah pameran teknologi di tahun 2019 lalu – dok.PR Newswire

Sedangkan Samsung SDI, selama ini menyuplai baterai untuk mobil listrik buatan Audi dan BMW. Adapun SK Innovation memasok Kia Motors dan Mercedes Benz. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This