Bosch Luncurkan Split Screen untuk Motor, Diklaim Selangkah Lebih Maju

Bosch Luncurkan Split Screen untuk Motor, Diklaim Selangkah Lebih Maju
Ilustrasi, perangkat split screen buatan Bosch - dok.Bosch

Gerlingan, Motoris – Fitur split screen atau pembagian layar yang memungkinkan dua aplikasi ditampilkan sekaligus, di bagian atas dan bawah layar selama ini menjadi fitur yang lumrah dipakai oleh mobil-mobil premium buatan pabrikan kondang dunia. Namun, kini fitur itu juga digunakan oleh sepeda motor (yang untuk saat ini masih di kelas premium).

Seperti dilaporkan laman Motorcycle World dan Rideapart, Jumat (6/11/2020) adalah produsen komponen otomotif dan elektronika asal Gerlingan – sebuah kota di dekat Stuttgart, Jerman – Bosch, yang membuatnya. Pabrikan ini memperkenalkan layar TFT 10,25 inci yang bisa dibagi (atas dan bawah atau samping kanan dan kiri, untuk menampilkan dua aplikasi berbeda.

Layar ini, sebut pernyataan resmi Bosch, layar ini juga bisa memiliki konektivitas Bluetooth dan kompatibilitas aplikasi mySPIN. “Dan sistem seperti ini sebelumnya hanya tersedia di mobil premium,” bunyi pernyataan Bosch.

Produk layar split buatan Bosch – dok.Bosch

Pabrikan mengatakan, jika di mobil, layar layar terbagi dua atau bahkan tiga bagian, menampilkan informasi seperti navigasi, stasiun radio, waktu, dan informasi penghematan bahan bakar, hingga kontrol iklim, dan lain-lain. Versi untuk sepeda motor memungkinkan pengendara untuk menampilkan GPS dan menu pengaturan atau odometer sekaligus di saat yang sama, lebih berorientasi kinerja seperti G-force dan temperatur oli.

Tetapi, seperti diakui President of Two-Wheeler & Powersports Bosch, Geoff Liersch, ini bukanlah layar terpisah sepeda motor pertama. Sebelumnya, kata dia, telah ada perangkat perintah suara dengan layar yang menawarkan fungsionalitas layar terbagi.

Namun, kata dia, sistem informasi yang ditampilkan di split screen tersebut berasal dari komputer onboard yang sama di kendaraan bersangkutan. Tetapi, lanjut Geoff, dalam sistem split screen buatan Bosch ini berbeda, karena menggunakan sistem dan teknologi baru yang benar-benar terintegrasi, di mana menu akan menampilkan informasi dan fungsi aplikasi dari perangkat yang beerbeda, melalui aplikasi mySPIN.

Ilustrasi, kantor pusat Robert Bosch GmbH – dok.Bosch Presse

“Cluster kami yang dikombinasikan dengan mySPIN menawarkan pengalaman berkendara yang baru dengan lebih banyak keamanan dan kenyamanan bagi pengendara sepeda motor. Bagi kami, ini merupakan langkah lebih maju dalam hal konektivitas di sepeda motor,”: terang Geoff.

Bosch mengklaim, sejumlah pabrikan sepeda motor papan atas telah memasan perangkat itu untuk dijadikan di fitur model terbaru buatan mereka pada tahun 2021 nanti. Di antara mereka terdapat, BMW, Ducati, dan Kawasaki. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This