Mulai 2022 Komputer Semua Mobil Hyundai Pakai Chip Nvidia

Mulai 2022 Komputer Semua Mobil Hyundai Pakai Chip Nvidia
Ilustrasi, Genesis GV80. Genesis merupakan merek mewah milik Hyundai Motor Company- dok.Motor Trend

Seoul, Motoris – Hyundai Motor Group, Selasa (10/11/2020) menyatakan akan memasang
chip komputer Nvidia di semua Hyundai Motor, Kia Motors, dan merek mewah miliknya, Genesis mulai tahun 2022 nanti. Pemasangan chip buatan produsen prosesor asal Santa Clara, California, Amerika Serikat itu dimaksudkan untuk membantu kendaraan memproses data dalam jumlah besar secara real time.

Pernyataan Hyundai yang dilansir The Korea Herald, Sealasa (10/11/2020) menyebut chip Nvidia Drive itu akan meningkatkan daya komputasi yang diperlukan untuk menjalankan sistem operasi mobil yang terkoneksi atau ccOS. Sistem tersebut memungkinkan kendaraan untuk saling bertukar dan memproses data melalui jaringan komunikasi seluler.

“Selain itu menawarkan informasi lalu lintas dan informasi terkini kepada pengemudi (cuaca, sistem navigasi, dan beragam informasi berbasis teknologi digital lainnya) serta layanan streaming musik dan video,” sebut Hyundai.

Dengan bantuan jaringan 5G, teknologi ccOS diharapkan melihat pertumbuhan eksponensial – alias antara volume produksi dan penjualan sebanding – bagi mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi. Sebab, teknologi tersebut memungkinkan kendaraan memproses rangkaian data dalam jumlah besar baik yang berasal dari dalam maupun luar kendaraan.

Ilustrasi, kerjasama Hyundai dengan NVIDIA – dok.Hyundai Motor

“Platform Nvidia Drive terbukti – dapat diskalakan, hemat energi, dan memiliki performa untuk mendukung kendaraan,” ungkap Senior Vice President Electronic Technology Hyundai Motor, Paul Choo.

Hyundai Motor Group telah bekerja dengan Nvidia sejak tahun 2015 lalu dan chip Nvidia Drive telah digunakan untuk model Genesis GV80 dan G80 yang dirilis tahun 2020 ini. Keduanya juga telah berkolaborasi mengembangkan kokpit mobil canggih berteknologi digital terintegrasi yang akan dirilis tahun depan.

Teknologi ini dapat mengubah informasi mengenai keselamatan dan kenyamanan pengemudi menjadi animasi 3D. Walhasi, kenyamanan dan keamanan berkendara dengan mobil juga meningkat. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This