Bridgestone Prediksi Diri, Tahun Ini Merugi Rp 8,1 Triliun

Bridgestone Prediksi Diri, Tahun Ini Merugi Rp 8,1 Triliun
Ilustrasi, penggunaan ban buatan Bridgestone oleh konsumen - dok.Istimewa via Tire Review Magazine

Tokyo, Motoris – Produsen ban kondang asal Tokyo, Jepang – Bridgestone Corporation – memprediksi perusahaan tahun ini bakal membukukan kerugian bersih hingga 60 miliar yen atau sekitar Rp 8,1 triliun (dengan kurs 1 yen = Rp 135,13). Pabrikan membukukan kerugian di kuartal ketiga dan permintaan ban di kuartal keempat merosot.

Laporan kinerja yang disampaikan pabrikan, seperti dilansir Market Watch dan The Wall Street Journal, Kamis (11/11/2020), menyebut Bridgestone menderita rugi bersih yang cukup besar di kuartal ketiga. Nilainya mencapai 2,1 miliar yen atau sekitar Rp 283,8 miliar.

Padahal, sejumlah analis di Bursa Saham Tokyo (TSE) dalam jajak pendapat yang digelar FactSet, sebelumnya memperkirakan pabrikan yang berdiri sejak tahun 1931 itu bakal meraup laba bersih 45 miliar yen atau sekitar Rp 6,08 triliun. Namun, alih-alih mendapatkan untung bersih, pendapatan di periode itu anjlok.

Pendapatan di kuartal ketiga turun 10% menjadi 793,5 miliar yen. Dan pendapatan selama setahun diprediksi turun 18% menjadi 2,89 triliun yen.

Ilustrasi, kantor Bridgestone – dok.Istimewa vian Business Line

Jika perkiraan rugi bersih yang diungkap Bridgestone terjadi, maka perkiraan analis itu meleset sangat jauh. Kerugian dengan nilai sebesar ini merupakan rapor terburuk sejak tahun 1951.

Pukulan bertubi memang telah dialami pabrikan yang didirikan oleh Shojiro Ishibashi ini, khususnya sejak pandemi Covid-19 menerpa berbagai kawasan di dunia. Terlebih di kuartal keempat sekarang ini (Oktober – Desember) permintaan ban di pasar utama dunia, terutama di Amerika dan Eropa diprediksi juga merosot. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This