Ban Yokohama BluEarth-GT AE51 dan Geolandar CV G058 Meluncur di RI

Ban Yokohama BluEarth-GT AE51 dan Geolandar CV G058 Meluncur di RI
Peluncuran ban Yokohama BluEarth-GT AE51 dan Geolandar CV G058 oleh PT YHI - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Agen tunggal atau sole distributor ban merek Yokohama di Indonesia, PT YHI Indonesia resmi meluncurkan dua produk ban terbaru merek tersebut, yakni Yokohama BluEarth-GT AE51 dan Geolandar CV G058. Keduanya menyuguhkan keunggulan berupa kemampuan terbaik di berbagai permukaan jalan, keselamatan dan kenyamanan.

Menurut Deputy General Manager PT YHI Indonesia, Eka Satria, ban Yokohama BluEarth-GT AE51 diperuntukkan bagi mobil Grand Touring (GT). Artinya, ban ini tidak hanya cocok untuk perjalanan jarak jauh, tetapi juga nyaman saat digunakan untuk kegiatan harian di perkotaan.

“BluEarth-GT AE51 dirancang juga memberi keunggulan berupa efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Selain itu memiliki kinerja di jalan basah dan kestabilan pada kecepatan tinggi di lintasan kering,” ujar Eka dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (16/11/2020).

Pola telapak asimetris yang dikembangkan secara khusus pada ban itu memberikan keunggulan tersendiri. Begitu pula dengan tiga garis di bagian tengah yang memastikan stabilitas mobil penggunanya di saat digeber dengan kecepatan tinggi.

Sementara, lanjut Eka, alur garis menyerupai petir dapat meningkatkan traksi hingga ke tepi alur, sehingga memberikan kemampuan lebih pada ban di saat mobil melibas permukaan basah. Terlebih, guratan potongan pisau memberinaya efek rigid (kaku) yang bermanfaat dalam menyokong kestabilan kendaraan.

Ban Yokoghoma BluEarth-GT AE51 – dok.Istimewa

Keunggulan lain yang ditawarkan ban ini adalah, efiensi konsumsi bahan bakar (BBM) bagi mobil penggunanya. Itu bisa terjadi karena penggunaan compound telapak dua-lapis terkini, serta gaya desain yang digunakan. Penggunaan material itu mampu menekan kehilangan energi karena panas yang dihasilkan, sementara profil samping dapat mengurangi distorsi, dan bahu ban yang berrelung kecil mampu memfasilitasi pembuangan panas.

“Yokohama BluEarth-GT AE51 diproduksi dalam 66 ukuran, dimulai dari ring 14 hingga ring 19. Di Indonesia, ban ini akan dijual dengan harga mulai Rp 1 jutaan,” jelas Eka.

Keunggulan Geolandar CV G058
Sedangkan ban Yokohama Geolandar CV G058 ditujukan untuk mobil-mobil di kelas midsize dan crossover sport utility vehicle (SUV), yang membutuhkan ban untuk performa terbaik di berbagai kondisi jalan. Ban ini merupakan penerus ban Geolandar SUV G055 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 lalu.

Dia diklaim memiliki kemampuan tinggi dalam pengendaraan di dalam kota, sebagai ban All Season. Untuk memperbaiki tingkat keselamatan dan kesenyapannya, Yokohama mempertinggi daya tahan dan kemampuan ban dalam mendukung tingkat efisiensi konsumsi BBM mobil penggunanya.

Pola telapaknya memiliki alur khas milik Yokohama, yang menggabungkan beberapa teknologi seperti: sipes kombinasi 2D / 3D (B) untuk meningkatkan daya tahan ban terhadap keausan yang tidak rata sekaligus meningkatkan traksi di jalan yang basah. Bahkan mampu melibas jalanan tertutup salju.

Penggunaan empat alur kombinasi di bagian tengah telapak meningkatkan traksi sekaligus mencegah gejala hydroplaning. Sedangkan penggunaan variasi lima pola telapak mampu mengurangi tingkat kebisingan.

Material compound baru berdasar teknologi silika menjadikan pengemudian yang stabil di berbagai kondisi jalan. Termasuk di jalan dengan suhu permukaan rendah yang disebabkan oleh hujan atau bahkan salju.

Ban Yokohama Geolandar CV G058 – dok.Istimewa

“Selain itu, profil yang baru dikembangkan menghasilkan bentuk kontak yang lebar dan datar yang selanjutnya meningkatkan daya tahan ban dan ketahanan terhadap keausan yang tidak merata,” jelas Eka.

Dan yang tak kalah penting, klaim Eka, adalah kemampuan pengereman di jalan basah yang telah meningkat hingga 12%. Sementara stabilitas pengendalian di kondisi basah meningkat 13%, tingkat kebisingan jalan dan pola telapak, masing-masing berkurang 34% dan 9%.

“Geolandar CV G058 memiliki 43 ukuran mulai dari ring 15 hingga ring 20. Di Indonesia, ban ini akan dijual dengan banderol mulai dari Rp 2 jutaan,” imbuh Eka. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This